Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » PWI Dan Polres Magelang Gelar Vaksinasi di Kalinegoro


KabarMagelang.con__Pemerintah Desa Kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan bekerjasama dengan Polres Magelang dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang mengadakan vaksinasi massal Covid-19 dosis pertama dengan sasaran sebanyak 1.000 orang. 

Prioritas sasaran dalam vaksinasi yang digelar di Balai Desa Kalinegoro ini adalah warga lanjut usia (lansia). 

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kalinegoro, Yuyun Aimatussarifah menyebutkan dari 1.320 orang lansia di desanya, baru sekitar 27 persen yang telah menerima vaksin.

Kendala lansia tidak tervaksin, mayoritas karena tidak memiliki kendaraan untuk menuju lokasi imunisasi. “Lansia itu susah jalan, susah transportasi. Kalau mau dibonceng motor juga takut. Merasa kurang aman,” kata Yuyun, di sela kegiatan, Kamis (28/10/2021).

Atas dasar itu, PWI Kabupaten Magelang, berinisiatif menyediakan transportasi kereta mini untuk antar-jemput calon penerima vaksin. 

“Peran kami bersama teman-teman menyewa dua kereta mini. Harapan kami para warga terutama lansia yang tidak memiliki kendaraan dan terkendala transportasi itu bisa diantar jemput untuk mengikuti vaksin,” kata Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono.

Selain menyediakan transportasi kereta mini, PWI Kabupaten Magelang juga memberikan doorprize berupa ayam kampung untuk peserta vaksin tertua dan peserta yang tepat berulang tahun hari ini. 

Yuyun Aimatussarifah menambahkan bantuan menyediakan kereta mini dan hadiah ayam kampung untuk stimulus agar warga atusias mengikuti vaksin. 

Sedikitnya jumlah lansia yang telah menerima vaksin juga karena kesulitan mendaftar pada aplikasi PeduliLindungi. Kebanyakan lansia gagap mengoperasikan telepon pintar dan tidak bisa mendaftar vaksin secara online.

Mengatasi hal tersebut, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) memberikan bantuan relawan yang betugas menginput data peserta vaksin pada aplikasi PeduliLindungi. “Jadi lansia datang kesini tinggal membawa fotocopy KTP, sudah bisa suntik asal lolos screening,” ujar Yuyun.

Jumlah capaian vaksin di Kabupaten Magelang hingga 27 Oktober 2021, mencapai 62,24 persen. Cakupan vaksin untuk lansia mencapai 47,55 persen untuk dosis I dan 32,18 persen untuk dosis II. 

Sementara itu Kapolres Magelang Akbp Mochammad Sajarod Zakun usai pelaksanaan Vaksinasi menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan Vaksinasi di Kab. Magelang Polres Magelang memprioritaskan warga lansia untuk mendapatkan layanan Vaksinasi. 

"Kita prioritaskan warga  lansia untuk segera mendapatkan Vaksinasi , karena mereka rentan terserang Covid 19",  ujarnya. 

Dalam kegiatan Vaksinasi yang diprakarsai PWI Kab. Magelang  dan Mafindo Polres Magelang  memberikan dukungan dengan menyediakan Vaksin dan tenaga kesehatan. 

"Kami melibatkan 4 tenaga kesehatan dan Vaksin yang digunakan jenis Sinovac sejumlah 511 Vial", tandas Kapolres Magelang.

Lebih lanjut Kapolres menyebutkan warga yang berhasil disuntik Vaksin sebanyak 1022 orang, ada 78 orang yang gagal Vaksin karena alasan medis",  terangnya.(Kbm2).

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply