Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » » Tidar Utara Kota Magelang Dicanangkan Sebagai Kampung Religi

kabarMagelang.com__Pemerintah Kota Magelang mencanangkan Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, sebagai Kampung Religi yang memiliki manifestasi sebagai gerakan moral yang terbebas dari pelanggaran norma-norma agama.


Pencanangan dilakukan langsung oleh Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz dan Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur di Kampung Tidar Krajan, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Rabu (1/12/2021).

”Kampung religi merupakan gerakan moral warga untuk saling mengedepankan toleransi antarumat beragama. Termasuk melakukan kajian dan pendalaman masing-masing agama,” ujar Wali Kota Magelang, dr. Muchamad Nur Aziz.

Menurutnya, perilaku positif setiap individu bisa dinilai dari pemahaman ajaran agama masing-masing. Dengan pencanangan ini, maka diharapkan seluruh warga mampu menjalankan norma agama dengan baik, sehingga terhindar dari pelanggaran norma lainnya.

”Jadi gerakan moral ini harapannya mampu menekan atau bahkan menghilangkan tindak kriminalitas, narkoba, pelanggaran norma masyarakat, tatanan sosial, dan lain sebagainya. Termasuk di dalamnya ada saling menghargai dan toleransi setiap pemeluk agama,” jelasnya.

Dokter Aziz mengapresiasi masyarakat Kampung Tidar Krajan, karena sebelum pencanangan ini telah menunjukkan berbagai kegiatan yang bertoleransi. Masyarakat Tidar Utara yang sangat heterogen, tetapi mampu mempraktikkan kegotong-royongan sebagai warisan budaya.

”Saya harap dari gerakan Kampung Religi, selanjutnya mempermudah untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Kota Magelang. Seperti angka pengangguran, angka kemiskinan, dan sebagainya. Silakan masyarakat manfaatkan program Rodanya Mas Bagya, Rp30 juta per RT, untuk menghidupkan gerakan kampung religi ini,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan bahwa pencanangan kampung religi ini akan terus dievaluasi secara rutin. Pemerintah akan mencatat perkembangan di tiap-tiap kampung yang sudah dicanangkan.

Targetnya, pada tahun 2022 mendatang, 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang sudah mencanangkan Kampung Religi.

”Pencanangan ini baru titik awal, karena kami akan melakukan evaluasi terus menerus, mengawal bagaimana pencanangan ini akan konsisten dilakukan seluruh masyarakat di Kota Magelang,” tuturnya.

Ditambahkan Wakil Walikota Magelang, KH M Mansyur bahwa beberapa indikator Kampung Religi, antara lain keimanan dan ketaqwaan warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pengetahuan keagamaan semakin luas, dan luwes serta sikap toleransi.

”Kemudian, kerukunan umat beragama semakin lestari, pengamalan ibadah mantab, tempat-tempat ibadah makmur, dan masyarakatnya berakhlakul karimah. Masyarakatnya juga semakin gigih, giat, dan aktif ikut serta dalam pembangunan Kota Magelang,” kata dia.

Menurut Mansyur, Kampung religi merupakan salah satu wujud pembinaan bagi masyarakat Kota Magelang dan upaya fasilitasi aspirasi warga yang peduli terhadap pendalaman beragama.

Selain itu, pencanangan kampung religi juga dalam rangka membentuk jejaring religius sejak dini yang dimulai dari tingkat paling bawah yakni keluarga. Diharapkan, kepedulian masyarakat terkait toleransi dan kerukunan umat beragama semakin tinggi. (Kbm2).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply