Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » BNN Lakukan Tes Urine Kepada 36 Anggota DPRD di Magelang

kabarMagelang.com__Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Magelang menggelar tes urine kepada sejumlah anggota dewan di kantor DPRD Kabupaten Magelang pada Rabu (26/1). Dari 50 hanya 36 anggota DPRD yang mengikuti tes urine, sementara 15 anggota belum bisa mengikuti karena sedang ada tugas di luar.

Kepala BNN Magelang AKBP Catharina mengatakan, tes urine ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Presekutor Narkotika Tahun 2020-2024. 

“Program ini kami lakukan sesuai dengan pernyataan Presiden yang mengatakan darurat narkoba dan BNN sudah menyatakan perang melawan narkoba. Jadi, adanya Inspres tersebut, seluruh rakyat Indonesia harus melakukan P4GN,” jelasnya di Kantor BNNK Magelang, Rabu (26/1/2022).

Catharina menyebutkan satu diantara program P4GN yakni melakukan deteksi dini yang ditindaklanjuti dengan tes urine. Dari 36 anggota dewan yang menjalani tes urine hasilnya semua negatif. Kemudian untuk anggota dewan tidak hadir saat dilakukan test tetap akan dijawalkan sendiri. 

“Memang ada beberapa yang belum, namun sesuai janji dari Ketua DPRD, sisanya akan dijadwalkan di kemudian hari.,” kata Catharina. 

Dia menegaskan dari 36 anggota dewan tersebut, satu diantaranya terbukti menggunakan obat karena sedang sakit flu berat. Obat flu tersebut menjadi salah satu obat yang dapat memengaruhi hasil tes narkoba.

“Namun, karena obat tersebut digunakan sesuai resep dan ada keterangan dari dokter sehingga hasilnya dianggap negative,” ujarnya.

Sebelumnya, BNNK Magelang telah melakukan pemeriksaan terhadap para aparatur sipil negara (ASN) dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Magelang pada 2021 lalu dan semua negatif.

“Hasilnya negatif. Rencana, BNN akan melakukan tes urine di lingkungan pendidikan dan masyarakat umum secara bertahap,” tegas Catharina. 

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Magelang Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  Fiqi Ahmad menanggapi positif terhadap langkah yang sudah dilaksanakan BNNK Magelang ini,

“BNN sebagai lembaga negara ya memang ditugasi untuk melakukan pencegahan, pemberantasan, dan penyalahgunaan narkoba. Komitmen tersebut telah dibuktikan dengan diadakannya tes urine.  Saya sangat mendukung program tersebut,” katanya.

Dia menilai meski tampak sederhana, hanya berupa tes urin, namun ada sebuah tanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan oleh BNNK Magelang.

“Kami berharap, program tersebut dapat dilakukan secara periodic, terutama bagi para penyelenggara pelayanan publik atau pemerintah di lingkungan Kabupaten Magelang,” tandas Fiqi.(Kbm2).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply