Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » PPKM Level 4 Sangat Berdampak Pada Usaha Perhotelan di Kota Magelang

kabarMagelang.com__Peningkatan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata dan usaha perhotelan di Kota Magelang. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Magelang Edi Hamdani, Senin (28/2/2022).

“Dari sisi hotel dan restoran, PPKM menjadi level 4, para wisatawan cenderung takut untuk datang ke Kota Magelang sehingga sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisata,” ungkapanya.

Dia mengatakan bahwa sektor pariwisata memang dinilai sensitif bagi para pengusaha, terutama perhotelan dan kuliner.

"Tapi, mau level berapa pun, kami sebenarnya tidak masalah karena menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," ujara Edi.

Edi menegaskan saat ini setiap hotel di Kota Magelang telah mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) bahkan sudah dilengkapi dengan scan QR Code aplikasi PeduliLindungi, agar pengunjung tidak khawatir untuk menginap. Namun status PPKM ternyata masih menjadi momok. Sehingga banyak yang memilih membatalkan reservasi melalui online.

"Banyak tamu yang cancel. Terutama grup-grup dengan beberapa bus," ujarnya.

Dia menambahkan dengan adanya PPKM ini, memberikan hak kepada Satpol PP dan Polres Magelang Kota untuk menindak jika ada kegiatan yang menunjukkan kerumunan.

“Saat hari biasa, kebanyakan hotel hanya menerima 30 orang sedangkan saat hari libur, ada 40-50 orang,” terang Edi.

Dia menyebutkan, saat ada kasus terkonfirmasi sedikit, wisatawan sudah enggan datang, ditambah adanya PPKM level tinggi.

“Mereka menganggap Kota Magelang tidak aman. Namun, PPKM yang ditentukan oleh pemerintah tetap perlu disikapi dengan bijaksana, meskipun sangat berpengaruh pada tingkat hunian kamar hotel,” jelas Edi yang juga pemilik salah satu hotel di Kota Magelang ini.

Paat masuk level 1 beberapa waktu lalu, tingkat hunian kamar hotel sudah mulai stabil. Tetapi sekarang kembali terjadi penurunan hampir separuhnya.

“Dari 34 kamar hotel milik saya, semula sudah mulai merangkak naik, sekarang hanya terisi sekitar 10 kamar. Waktu level 1 tingkat hunian hotel sudah lumayan, tetapi begitu PPKM kembali level 4, banyak yang membatalkan pemesanan," pungkas Edi.(Kbm2)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply