Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Polres Magelang Akan Terjunkan Ratusan Personel dan Brimob Amankan Perayaan Waisak

kabarMagelang.com__Polres Magelang akan mengerahkan sebanyak 926 personel untuk mengamankan jalannya perayaan Waisak 2566 BE tahun 2022 Senin (16/5) mendatang.  Ratusan personel tersebut akan ditempatkan di beberapa titik mulai dari Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur.

Kapolres Magelang AKBP Muchammad Sajarod Zakun mengatakan, 926 personel tersebut terdiri dari Brimob dan satuan Dalmas Polres lain.

"Karena personel kami terbatas sehingga butuh back up dari yang lain," ujarnya usai rapat koordinasi, pengamanan peringatan Waisak di Gedung Bhayangkara Utama Polres Magelang Kamis (12/5/2022).

Dia menyebutkan, nantinya akan ada dua pengamanan yakni pengamanan perayaan Waisak 2566 BE dan pengamanan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, pada puncak perayaan Waisak. Namun demikian, Polres Magelang belum dapat memastikan perkembangan dari kehadiran Wapres tersebut.

"Rangkaian kegiatan Waisak sudah berjalan hingga puncaknya Senin (16/5/2022) mendatang, ditutup dengan menerbangkan lampion yang merupakan satu tradisi perayaan Waisak," jelas Sajarod.

Untuk memperlancar jalanya prosesi Waisak Polres Magelang juga telah menyiapkan pengalihan arus atau rekayasa lalu lintas khusus dari Candi Mendut ke Candi Borobudur.

“Perayaan Waisak menjadi momentum yang ditunggu oleh masyarakat. Terutama penerbangan lampion. "Antusias masyarakat itulah yang ditunggu-tunggu daripada puncak perayaan Waisak," Ujar Sajarod.

Kasat Lantas Polres Magelang AKP Satrio Bagus menambahkant, sudah menyiapkan beberapa rekayasa arus lalu lintas. Pertama, dari arah Palbapang.

"Nantinya, akan ada pengalihan arus belok kanan ke simpang tiga Cabean, lewat Ngrajek, Jetis, Rambeanak, sampai simpang Rambeanak. Nanti di situ ada empat personel," ungkapnya.

Kedua, ketika ada kendaraan yang masuk ke wilayah Candi Borobudur, akan dialihkan melewati Svargabumi, belok kanan lewat Bumisegoro, Kujon, Koramil, belok kiri ke Siguk, dan belok kanan sampai Masjid An-Nur.

Sedangkan untuk kendaraan yang masuk ke Candi Borobudur, akan selektif prioritas. Jika tidak ada hubungannya dengan perayaan atau hanya masyarakat yang ingin melihat, petugas akan menghentikannya di Karet.

"Nanti masyarakat yang mau menyaksikan di kanan kiri, boleh memarkirkan kendaraan di Lapangan drh. Soepardi. Melihat di trotoar kiri jalan karena arus lalu lintas yang di kanan tetap jalan," sebutnya.

 

Dia menjelaskan, rekayasa lalu lintas dilakukan mulai pukul 07.00. Kendaraan yang masuk menuju kawasan Candi Borobudur, praktis akan dialihkan melalui jalan ini. Hal ini dilakukan untuk kelancaran dan menghormati kekhusukan dalam melaksanakan ibadah Waisak.

"Apabila nanti mereka (para umat Buddha, red) sudah jalan, kalau misalnya arus lalu lintas menjadi normal, nanti akan menjadi crowded," katanya.

Sementara Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel (Letkol) Arm Rohmadi menandaskan, Kodim 0705/Magelang juga akan membantu dalam menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan kondusif. Sehingga nantinya, pelaksanaan ibadah Waisak akan berjalan dengan aman dan lancar.

"Kepastiannya masih kami perhitungkan titik-titik mana yang akan kami siapkan," tandasnya.(Kbm2)

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply