Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Dies Natalis ke-61, Ratusan Dokter Alumni dan Dosen FK Undip Gelar Pengabdian Masyarakat di Magelang


Dukun, kabarMagelang.com
__Dalam rangka Dies Natalis ke-61 ratusan dokter alumni dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Magelang, Sabtu (17/9/2022). Kegiatan berupa memberikan bantuan paket sembako, pemeriksaan Kesehatan dan vaksinasi, serta bantuan Alat Kesehatn ini dilakukan di  tiga tempat.  Yaitu di Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Kecamatan Borobudur, dan SDN Blondo Mungkid.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyerahan bantuan paket sembako dan alat Kesehatan kepada masyarakat secara simbolis oleh Dekan FK Undip Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) dan  Ketua Dies Natalis FK Undip dr. Farmaditya Eka Putra, MSi.Med., Ph.D. di Dusun Banyumili, Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, Magelang.

Penyerahan secara simbolis ini dihadiri Bupati Magelang yang diwakili oleh plt. Kepala Dinas Keshatan Kabupaten Magelang Bela Pinarsi, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang Syhukur Akhadi, dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Dukun, Kepala Desa se Kecamatan Dukun, serta masyarakat.

Dekan FK Undip Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K, mengungkapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan bertepatan dengan Dies Natalis yang ke-61.

“Jadi di perguruan tinggi itu ada Tridarma,  yaitu Pendidikan, penelitian,  dan pengabdian. Pengabdian itu menggerakan kita supaya peduli kepada masyarakat. Dan saat ini kita terjun, ini salah satu dari pengabdian,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada pengabdian masyarakat ini selain para dokter pihaknya juga menurunkan semua dosen untuk ikut berbaur dengan masyarakat.

“Karena ini adalah Fakultas Kedokteran, jadi kami itu selain mendidik, juga menilite. Dan kami harus mengamalkan penelitian dan Pendidikan tersebut dalam wujud pengabdian,” jelas Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K).

Ketua Dies Natalis ke-61 FK. Undip Semarang dr. Farmaditya Eka Putra, MSi.Med., Ph.D, menyebutkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Magelang ini melibatkan 163 dokter terbagi dalam tiga lokasi kegiatan.

“Di Kecamatan Dukun ini ada 43 dokter. Kegiatanya berupa Vaksinasi Booster untuk lansia dan pembagian paket sembako dengan sasaran 500 orang,” ujarnya.

Selebihnya sekitar 120 dokter melaksanakan kegiatan di SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Kecamatan Borbudur, dan SDN Blondo, Kecamatan Mungkid.  Kegiatan di sekolah ini dilaksanakan untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit  yang terjadi pada anak-anak.

“Di SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Borobudur kegiatan yang dilaksanakan adalah Screening dan dan Statunting. Sedang di SDN Blondo yaitu Penjaringan Kesehatan Usia Pendidikan Dasar,” terang dr. Farmaditya Eka.

Sementara Bupati Magelang ynag diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi, menyampaikan paresiasi atas kegiatan pengabdian masyrakat yang dilakukan oleh FK. Undip Semarang, besertta para alumni, kepada warga masyarakat Kabupaten Magelang.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Fakultas Kedokteran Undip beserta jajaranya dan para alumni, yang telah mencurahkan waktu, tenaga, dana, untuk mengadakan pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis FK UNdip ke-61 di Kabupaten Magelang,” katanya.

Pihaknya juga sangat menyabut baik dan mendukung kegaitan pengabdian masyarakat ini, karena kegiatan tersebut dinilai sangat sesuai dengan transfomasi Kesehatan yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan RI.

“Yaitu meningkatkan promotive, preventifdalam mendukung prioritas Kesehatan, serta dalam upaya untuk memutus penularan Covid-19. Kita berharap kegiatan ini membawa manfaat dalam rangka meningkatkan Kesehatan masyarakat di Kabupaten Magelang,” harap Bela.

“Selain itu kita berharap dengan kegiatan ini bisa menambah keakraban dan silaturahim antara FK. Undip dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang,” pungkasnya. 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply