Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Vita Ervina Serahkan Bantuan Kepada Enam Desa di Lereng Merbabu


KabarMagelang.com__Sebanyak enam kelompok di enam Desa Lereng Merbabu binaan Balai Taman Nasional Gunung (TNG) Merbabu menerima bantuan total Rp 234 juta. 

Bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui TNG Merbabu tersebut secara simbolis diserahkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Vita Erviana di Palm Resto Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Rabu (12/10/2022).

Anggota Komisi IV DPR RI, Dapil Jateng VI dari Fraksi PDI-Perjuangan Vita Ervina, menyampaikan pihaknya terus bermitra dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

“Untuk kegiatan Temu Teknis pada hari ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan kunjungan kerja pada reses masa sidang pertama 2022-2023. Hal ini sebagai wujud nyata kehadiran kami bersama pemerintah dalam upaya memaksimalkan potensi wilayah yang ada di daerah pemilihan jawa tengah VI,” katanya.

Vita juga menyebut bahwa Desa Tejosari, Jambewangi, Kenikan, Ketundan, Muneng dan Pogalan yang berada di kawasan TNG Merbabu memiliki potensi sumber daya alam hayati bernilai. Dimana sebagiannya berada di dalam kawasan konservasi. 

“Potensi tersebut memiliki kedudukan dan peranan penting sebagai modal dalam pembangunan. Pengelolaan kawasan konservasi dan pengembangannya memiliki tujuan untuk mengusahakan kelestarian sumber daya alam hayati; dan ekosistemnya. Sehingga dapat mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dapat mendukung keberhasilan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan,” jelas Vita.

Ia menegaskan akan terus mendukung soal pemberdayaan masyatakat. 

“Kami sebagai Anggota Komisi IV DPR RI bersama pemerintah; melalui Taman Nasional Gunung Merbabu akan selalu mendukung pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan ini. Kuhususnya untuk meningkatkan perekonomian. Taman Nasional Gunung Merbabu memberikan dukungan melalui bantuan pemberdayaan ekonomi yang menyesuaikan dari potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa,” terang Vita. 

"Dari 37 Desa penyangga, sudah ada 22 kelompok pengembangan hutan ekonomi produksi. Namun sampai saat ini masih perlu pendampingan,” sebutnya.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri Kepala BTNG Merbabu Ir. Junita Parjanti MT, TNG Merapi, dan Perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang.

Enam kelompok penerima bantuan tersebut berasal dari Desa Tejosari, Jambewangi, Kenikan, Ketundan, Muneng dan Pogalan.

Untuk rinciannya Kelompok Kesenian Wahyu Taruno Budoyo Rp 50 juta, Kelompok Tani Wates Bersatu Rp 50 juta; LPPD GenikanRp 27 juta, Kelompok Tani Tani Maju Rp 27 juta, Kelompok Tani Rukun Santoso Rp 40 juta, dan  KTH SIPTA Mandiri Rp 40 juta.

“Untuk bantuan tersebut untuk jenis kegiatan atau usaha mulai dari Kesenian Tradisional, Pengembangan Usaha Tani; Pembuatan Pembibitan, Pengembangan Usaha Tani, Pengolahan Produk Makanan Ringan, Kerajinan Anyaman Bambu,” kata Kepala TNG Merbabu Ir. Junita Parjanti MT dalam acara Temu Teknis Mitra Binaan BTNG Merbabu.

Junita menambahkan bahwa pihaknya sejak tahun 2020 sampai 2021 sudah mulai mengembangkap22 kelompok. 

"Tepatnya di Desa peyangga Merbabu yang terbagi di 3 Kabupaten yakni Magelang, Boyolali, dan Semarang," pungkas Junita.






About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply