Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkab Magelang Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024

kabarMagelang.com__Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Magelang Tahun 2024 digelar secara virtual dari Rumah Dinas Bupati Magelang dan Command Center Room (CCR) Pusaka Gemilang, Kabupaten Magelang, Kamis (12/1/2023).

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, Sehubung akan berakhirnya masa berlakunya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magelang 2019-2024, maka konsultasi publik ini menjadi sarana yang penting untuk berkonsolidasi dan bersinergi guna merealisasikan target-target yang harus dicapai.

Ia mengatakan, dengan melihat data indikator makro yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang, terkait angka kemiskinan di Kabupaten Magelang pada tahun 2022 telah mengalami penurunan dari Tahun 2021 sebesar 11,91 persen menjadi 11,09 persen Tahun 2022. 

Sedangkan indeks Pembangunan Manusia Tahun 2022 sebesar 70,85 persen naik dari capaian tahun 2021 sebesar 70,12 persen kemudian untuk indikator tingkat pengangguran terbuka telah mencapai 4,97 persen, angka ini lebih baik jika dibandingkan capaian tahun 2021 lalu sebesar 5,03 persen.

Zaenal meminta, seluruh Kepala Perangkat Daerah agar mencermati kembali target-target indikator kinerja yang telah ditetapkan sekaligus mengupayakan  berbagai langkah inovatif agar target dapat tercapai pada akhir periode RPJMD.

"Bahwa program, kegiatan, dan Indikator dalam Rancangan Awal RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2024 ini, mempedomani tema Pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2024 yaitu Perwujudan Masyarakat Yang Sejahtera Berdaya Saing dan Amanah" Ungkap Zaenal.

Lebih Lanjut, Zaenal menjelaskan, kegiatan ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan, agar mendapatkan saran serta masukan sekaligus dapat menjadi wadah untuk menampung harapan dari seluruh stake holders dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD yang akan menjadi landasan pembangunan Kabupaten Magelang Tahun 2024.

"Untuk itu, kami melihat sinergi dan sinkronisasi menjadi faktor penting guna mewujudkan keberhasilan perencanaan pembangunan, dari pemerintah pusat hingga pemerintah desa," katanya.

Untuk diketahui, dalam upaya tercapainya target perencanaan pembangunan Tahun 2024 ada beberapa hal yang ditegaskan oleh Zaenal, yang pertama, Para Kepala Perangkat Daerah untuk mencermati kembali target Dasa Cita dan target-target kinerja yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Kemudian melakukan langkah-langkah strategis tentunya dengan dukungan perencanaan dan penganggaran yang matang. 

Kedua, Meningkatkan sinergitas, baik internal Perangkat Daerah, antar Perangkat Daerah, maupun dengan stakeholders yang lain.

Ketiga, Semua pihak diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi, apalagi dengan dilaksanakannya penyederhanaan birokrasi, maka inovasi dari ASN menjadi tuntutan agar pelaksanaan pekerjaan berjalan optimal.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Agus Widodo dalam laporannya menyampaikan, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024 Kabupaten Magelang merupakan salah satu tahapan awal dari serangkaian proses perencanaan pembangunan Tahun 2024. 

"Keseluruhan proses ini memerlukan koordinasi antar satuan kerja dan partisipasi aktif seluruh pelaku pembangunan untuk mewujudkan visi Kabupaten Magelang yaitu terwujudnya Masyarakat Kabupaten Magelang yang sejahtera, berdaya saing dan amanah," ujarnya.

Ia menambahkan maksud kegiatan ini untuk menginformasikan kepada para pemangku kepentingan Rancangan Awal RKPD tahun 2024 yang telah disusun secara teknokratik, serta bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Magelang Tahun 2024. 

"Hasil yang diharapkan, dengan kegiatan ini dapat mengakomodir masukan dan aspirasi stakeholder guna penyempurnaan Rancangan Awal RKPD menjadi Rancangan RKPD sebagai bahan dalam Musrengbang RKPD Kabupaten Magelang tahun 2024" Pungkasnya.(kbm2)

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply