Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » PPMT Periode VI Unimma Berikan Pelatihan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Keripik Talatik Desa Tanggulrejo Tempuran

kabarMagelang.com__Kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) kembali hadir melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Terpadu (PPMT) Periode VI. Salah satunya
adalah kelompok PPMT di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. kelompok ini menjalankan beberapa program yang terfokus pada salah satu mitra di Dusun Bowan,  yaitu UMKM Keripik Talatik dengan produk unggulannya keripik talas. Adapun program yang laksanakan yaitu digital marketing dan pembukuan sederhana untuk UMKM.

Digital marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang berguna untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial yang ada.  Media sosial yang dimanfaatkan kelompok PPMT Tanggulrejo yaitu Instagram dengan harapakan penjualan yang dilakukan melalui media online nantinya dapat memperluas pangsa pasar.

Pelatihan pembuatan media sosial ini diikuti oleh pelaku usaha dari UMKM keripik talatik. Program pembukuan sederhana merupakan pencatatan semua arus keluar masuk dana yang diperuntukkan untuk proses produksi, sehingga arus keluar masuk dana dapat ditelusuri dan tertata dalam pembukuan.

Program PPMT Tanggulrejo ini dilakukan selama satu bulan pada tanggal 14 Desember 2022-14 Januari 2023. Sehingga dalam satu bulan tersebut kelompok PPMT Tanggulrejo mengerjakan program dalam waktu sebulan itu.

”Untuk program pelatihan digital marketing kelompok PPMT Tanggulrejo dilaksanakan pada tanggal 6 januari 2023 sedangkan untuk pelatihan pembukuan sederhana dilaksanakan pada tanggal 12 januari 2023,” ungkap ketua pelaksana Annisa Hakim Purwantini, S.E,M.Sc.

Dosen akuntansi FEB Unimma ini menyebutkan, Kelompok PPMT Tanggulrejo ini terdiri 5 mahasiswa dari prodi Manajemen dan Akuntansi yaitu Lukluul Khasanah selaku koordinator, Rahajeng Reyhastuti Azis selaku sekretaris, Puspa Aina Syivani selaku bendahara, Rahma Pravitsari selaku dokumentasi kelompok PPMT, dan Ika Lestari selaku humas.

Kelompok PPMT ini dilakukan di Dusun Bowan Desa Tanggulrejo Kecamatan Tempuran. Dan mitra yang kami tuju yaitu sebuah UMKM Keripik Talas milik Bapak Riyanto dan Ibu Yatini bernama keripik talatik yang berdiri sejak  2 tahun  lalu ketika pandemi covid,” jelasnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan UMKM yang baru saja dirintis oleh bapak Riyanto dan Ibu Yatini sehingga dapat menguatkan UMKM Keripik talas melalui program digital marketing untuk meluaskan pemasaran melalui media online.

”Selain itu dengan pembukuan sederhana maka UMKM Keripik talatik ini dapat melihat pengeluaran dan pendapatan dari setiap produksi dalam periode satu bulan. Pembukuan sederhana ini juga menjadi acuan dalam melihat perkembangan bisnis yang dijalani, berapa besar keuntungan yang didapatkan sehingga pemilik usaha dapat menentukan keputusan bisnis yang tepat sebagai strategi untuk mengembangkan usaha Keripik Talatik,” tandas koordinator Tim  Lukluul Khasanah.

Pelatihan digital marketing dengan pembuatan media sosial Instagram untuk pelaku usaha (Bapak Riyanto) UMKM Talatik karena sebelumnya belum memanfaatkan digital marketing seperti media sosial yaitu Instagram.

”Dengan peltihan ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan/ pemasaran melalui media online. Dan pelatihan pembukuan secara sederhana dengan membuat arus kas umum dan laporan laba rugi yang sebelumnya juga belum dilakukan sama sekali oleh pelaku usaha UMKM Talatik (Ibu Yatini) ini bertujuan agar pelaku UMKM bisa mengetahui laba/rugi dalam periode 1 bulan,” pungkas Lukluul Khasanah.(Unimma/Ad).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply