Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Air Suci Waisak 2567 BE/2023 Tiba di Candi Mendut

kabarMagelang.com__Air Suci Waisak 2567 BE/2023 dari Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, tiba di candi Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Sabtu (3/6/2023) sekira pukul 14.15 WIB siang. Setibanya di Candi Mendut air suci Waisak ini langsung dilektakan di Altar Puja Bakti untuk didoakan parita suci, oleh ratusan umat Budha. Selanjutnya air suci tersebut dibawa prosesi pradaksina berjalan mengelilingi candi sebanyak tiga kali, sebelum disemayamkan di dalam Candi Mendut.

Wakil Dhammaduta Thailand untuk Indonesia Bante  Kamsai Sumano Mahathera mengungkapkan bahwa pada hari ini sudah mendekati puncak detik – detik Waisak. Dimana air suci dan api abadi sudah berada di Candi Mendut. Air suci tersebut nantinya akan digabung dengan api abadi untuk di bawa ke Candi Borobudur.

“Api merupakan simbul kebijaksanaan, sedangkan air adalah kebahagiaan atau mengalami redam, sejuk ke semua makluk, sejuk damai,” ungkapnya di kawasan Candi Mendut Sabtu (3/6/2023).

“Makna air itu adalah bersih, murni. Kalau air murni tidak kotor hidup selama – lamanya. Maka air di dalam ajaran Buhda adalah air suci. Kalau untuk umum air semakin bersih kehidupan akan tambah Bahagia,” jelas Bante  kamsai sumano mahathera.

Selain itu air juga sumber dari Kesehatan, tenaga dan rejeki membuat manusia panjang umur.

“Jadi makna air sangat luar biasa, karena air yang kita ambil dari mata air alami yang tidak disentuh oleh siapapun. Air suci ini seperti ulang tahun sang Budha, dan ulang tahun ajaran Dharma dan Sangha,” jelasnya.

Direncanakan besok pagi Minggu (4/6/2023) pukul 06.30 WIB, air suci dan api abadi akan di bawa ke Candi Borobudur dengan prosesi arak-arakan oleh umat Budha guna menyambut detik-detik Waisak 2567 BE/2023, yang jatuh pada pada pukul 10.40 WIB.

Sementara untuk puncak rangkaian perayaan Tri Suci Waisak akan ditutup dengan penerbangan lampion sebanyak 2567 buah pada malam harinya.(Kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply