Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Menyambut Detik-Detik Waisak, Ribuan Umat Budha Padati Jalan Candi Mendut Hingga Candi Borobudur

kabarMagelang.com__Ribuan umat Budha mengikuti prosesi kirab dari candi Mendut ke Candi Borobudur Minggu (4/6/2023) pagi. Prosesi ini merupakan rangkaian peringatan Hari Tri Suci Waisak Nasional 2567 BE/2023. Umat Budha ini membawa Api Dharma dan Air Suci, berbagai hasil bumi, bunga, dan  buah-buahan, serta diiringi lantunan doa paritta suci, sebagai makna persembahan kepada sang Budha.

Wakil Dhammaduta Thailand untuk Indonesia Bhante  Kamsai Sumano Mahathera, mengatakan arak - arakan merupakan pawai berbuat kebajikan dalam menyambut Tri Suci Waisak sekaligus memperingati kelahiran sang Budha.

“Ini penting dilakukan penggabungan air suci dan api dharma supaya berkumpul, dari Candi Mendut dibawa ke Candi Borobudur untuk diberikan kepada semua keluarga Budhis kita yang hadir mengikuti upacara detik - detik  Waisak,” ungkapnya

“Air itu akan dibagi untuk umat Budha kita, yang datang jauh – jauh untuk dibawa pulang ke tempat ibadah masing – masing untuk blacing atau diminum boleh juga,” jelas Bhante kamsai sumano

Prosesi ini harus dilakukan para umat Budha sebelum melakukan puncak detik detik waisak di pelataran Candi Borobudur.

“Para umat, Budha selain membawa Api Dharma dan Air Suci, juga membawa persembahan berupa berbagai hasil bumi, buah-buhan serta bunga. Disepanjang prosesi arak-arakan para umat Budha juga melantunkan doa - doa, yang mempuyai arti sebagai persembahan kepada Sang Budha, “ paparnya.

Ketua Umum Walubi Hartati Murdaya menjelaskan prosesi arak-arakan merupakan gerkakan berirama, yakni  meditasi berjalan.

“Ketika berjalan dengan hening, moment yang paling khusuk adalah saat ini kita memikirkan kesadaran diri, untuk meninggalkan ego, dan tidak terganggu dengan apa yang terjadi di luar sana,” tandasnya.(Kmgl/Az).

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply