Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Detik Detik Waisak 2567 BE di Plataran Candi Borobudur

kabarMagelang.com__Ribuan umat Budha dari berbagai Majelis Agama Budha Indonesia dan Luar Negeri memperingati perayaan detik-detik Waisak 2567BE/2023 di plataran barat Candi Agung Borobudur, Magelang, Minggu (4/6/2023). Di tengah teriknya panas matahari ribuan umat Budha ini tetap khusu’ mengikuti jalanya prosesi menanti detik-detik Tri Suci detik-detik Waisak yang jatuh tepat pada pukul 10.41.19 WIB.

Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya menyampaikan Candi Agung Borobudur menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Merupakan warisan budaya yang dibangun pada abat 8-9 sebelum Masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

“Umat Budha Walubi yang terdiri dari 16 majelais agama Budha dan perma budi beserta jajaranya telah bermitra melaksanakan perayaan waisak mulai tahun 2022 kemarin. Secara  bersama-sama kita menyabut detik-detik Tri Suci Waisak 2567(BE)/2023 yang jatuh tepat pada pukul 10.41.19 WIB, Minggu (4/6/2027),” katanya.

Dia menyebutkan tema waisak 2566 BE/2022 ini "Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma Di Dalam Kehidupan Sehari-Hari" dengan subtema "Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia".

“Rasa persatuan dan kesatuan itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Termasuk turut serta ikut menjaga perdamaian di dunia ini,” jelasnya.

"Maka dengan aktualisasi ajaran sang Buddha itu bisa memberikan kesejukan, dan kebahagiaan. Diharapkan saling menyayangi, saling mendukung satu sama lain" tambah Siti Hartati Murdaya.

Dia mengajak seluruh umat Budha perlunya merasakan nikmatnya hidup penuh kesadaran dan memperoleh kekuatan kebijaksanaan, yang berguna serta berwelas asih bagi orang lain.

“Karena menjadi orang yang berguna dengan kekuatan kesadaran dan kebijaksanaan kita memperoleh pencerahan demi pencerahan sampai berkembang mencampai tingkat sempurna,” ujarnya.

Tepat pada detik-detik Tris Suci Waisak ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali yang dilanjutkan pemercikan air suci, kemudian membacakan paritta Jayanto, dimana seluruh umat Budha bersikap Anjali.

Prosesi Detik-detik Tri Suci Waisak ini ditutup dengan pradaksina berjalan mengelilingi Candi Agung Borobudur sebanyak tiga kali.

Kemudian sebagai puncak perayaan Tri Suci Waisak 2567 (BE)/2023 prosesi Dharma Santi yakni pelepasan lampion sebanyak 2567 yang akan dilaksanakan dengan dua sesi yakni pukul 19.30 WIB dan pukul 21.30 WIB hingga selesai.(kmgl/az).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply