Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Ini Yang Harus Dilakukan Petugas Saat Operasi Patuh 2023, Pengguna Jalan Harus Tahu

kabarMagelang.com__Polresta Magelang, mulai hari ini (10/7/2023) hingga dua pekan kedepan akan menggelar Operasi Patuh 2023. Operasi patuh 2023 tersebut selain melibatkan TNI, Dinas Perhubungan, juga SatpolPP Kabupaten Magelang.

Kapolresta Magelang Kombes Pol. Ruruh Wicaksono pada Apel Gelar Pasukan di Halaman Mapolresta Magelang saat menymapaikan sambutan Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Lutfi menegaskan, bahwa permaslahan lalu lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekwensi dari meningkatnya jumlah peningkatan penduduk yang berimbas pada peningkatan jumlah kendaraan bermotor sebagai sarana mobilitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Modernisasi perkembangan transpotasi pada era digital harus diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri, khususnya Polisi Lalu Lintas sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari perkembangan modernisasi transportasi tersebut,” jelasnya.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan merupakan sesuatu yang utama dan pertama dalam etika lalu lintas.

Oleh karenanya dalam konteks ini lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa, dan cermin tingkat modernitas.

“Keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan, bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran berlalu lintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, dan pengguna jalan lainya masih rendah, masih ditemukan pengendara yang melawan arus, melanggar rambu, marka jalan dan sebagainya,” paparnya.

Polri secara serentak akan menggelar Operasi Patuh tahun 2023, selama 14 hari (10 – 23/7/2023) dalam rangka cipta kondisi, Kamsetibkamlancar pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara tahun 2023.

“Operasi Patuh 2023 dilaksanakan guna menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, dan angka fatalitas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Operasi Patuh 2023 akan mengedapankan giat edukatif, dan persuasif, serta humanis didukung penegakan hukum lantas, menggunakan ETLE. Berkaitan dengan hal tersebut Kapolresta Magelang menekankan kepada semua jajaran yang terlibat dalam operasi patuh untuk melaksanakan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan.

Diantaranya, 1. Mengutamakan faktor keamanan, dan keselamatan dalam bertugas serta memedomani SOP yang telah ditentukan,  2. Menghindari tindakan yang kontra produktif, pungli, arogan dan sewenang-wenang di lapangan,  3. Melakukan penegakan hukum yang humanis, tegas dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, dan 4. Melakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan complain, dari masyarakat, serta 5. Selalu berdoa dan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Mahe Esa sehingga apa yang kita kerjakan sesuai dengan harapan.

“Kemudian agar semua personil untuk mesosialisasikan kegiatan operasi patuh 2023 ini kepada masyarakat.  Mulai hari ini hingga dua pekan kedepan dilaksanakan operasi patuh, sehingga masyarakat tahu. Jjangan se olah-olah kita mencari kesalahan masyarakat.  Kita bisa berikan edukasi, sehingga tanpa operasi patuh pun masyarakat tertib itu yang kita inginkan,” pungkas Ruruh.(kmgl/az).

 

 

 

 

 

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply