Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Candi Lumbung di Magekang Akan Dipindah


KabarMagelang.com__Tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jawa Tengah akan memindahkan Situs Candi Lumbung yang saat ini berada di Dusun Tlatar,  Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, ke Komplek Situs Candi Sengi di kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

Sebelum melakukan pemindahan Tim Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Jawa Tengah (Jateng) bersama masyarakat sekitar melakukan selamatan bersama memohon kepada Tuhan agar proses pemindahan berjalan dengan lancar pada Senin (10/07/2023). 

Pamong Budaya Ahli Muda BPK Wilayah 10 sekaligus koordinator kegiatan pemindahan Candi Lumbung Sengi, Eri Budiarto Mengatakan Pemindahan candi ini  baru pertama kali dilakukan di Indonesia. 

‘’Lokasi Candi Lumbung Sengi  dulu sangat rawan terhadap bencana. Apalagi, sebagian besar bagian dari candi ini sudah jatuh, longsor ke sungai Pabelan kemudian pada tahun 2010 di pindah di dusun Tlatar ini dan sekarang kita akan pindahkan lagi masih di kawasan lokasi lama," jelas Eri Budiarto

Dia menargetkan, proses pemindahan Candi Lumbung ke Komplek Situs Candi Sengi akan Selesai pada akhir Tahun 2024.

‘’Untuk tahun ini kita hanya akan memindahkan situs dari lokasi lama ke lokasi baru dan akan menyusun beberapa batu sampai akhir november,kemudian akan dilanjutkan tahun depan sampai selesai," Paparnya. 

Selain Candi Lumbung Dalam komplek tersebut juga terdapat candi lain, yakni Candi Asu dan Candi Pendem yang dibangun pada abad ke 9 dimana masih berada di bawah pemerintahan Kerjaam Mataram Kuno. 

Pada saat itu, kerajaan Mataram Kuno berada di bawah pimpinan seorang Maharaja Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala. Raja tersebut merupakan Raja Ke 8 yang memerintah Kerjaan Mataram Kuno pada tahun 855 – 885 M. Sehingga Candi ini termasuk salah satu Candi Hindu.(kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply