Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Disparpora Kab. Magelang Gelar Pelatihan DAK Non Fisik Kepariwisataan Kepada Para Pemandu Ekowista

kabarMagelang.com__Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Magelang Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, meggelar pelatihan DAK Non Fisik Kepariwisataan bagi para pemandu ekowisata, di Hotel Artos. Pelatihan selama empat hari (21 – 24/8/2023) tersebut diikuti 40 orang pemandu ekowisata se-Kabupaten Magelang dan dibuka langsung oleh Kerpala Dsparpora Kabupaten Magelang Mulyanto S,H.

Pelatihan tersebut juga menghadirkan beberpa narasumber, diantaranya Bupate Magelang, Zaenal Arifin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Soeharno, PHRI Magelang, Praktisi Wisata, Akademisi, DTW Magelang serta dari Pesona Magelang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang Mulyanto S.H, mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan  untuk memberikan arahan dan bekal ilmu kepada para pemandu wisata yang berada di wilayah wisata alam Kabupaten Magelang.

“Ini mejadi salah satu langkah kita untuk bisa bersama-sama dengan mereka mengurai persoalan yang ada di wilayah wisata alam mereka masing-masing. Kita bareng-bareng untuk menwujudkan visi misi Pak Bupati Magelang yaitu terwujudnya Kabupaten Magelang yang sejahtera bersaing dan aman,” ungkapnya.

Selain itu pelatihan ini lebih fokus pada kegiatan implentasi, diharapkan para pemandu erkowista yang menjadi peserta nantinya benar-benar mampu untuk hadir di tengah-tengah wisata alam yang ada di wilayah mereka.

“Sehingga akan semakin tumbuh dan berkembang baik dan menghasilkan kesejahteraan untuk masyarakat di sekitarnya,” jelas Mulyanto.

Dia juga menila bahwa selama ini ada permasalahan yang harus di se;esaikan bersama guna mengurai permasalahan yang ada di wilayah ekowisata, terutama bidang sarana dan infrastruktur.

“Kita mendorong kerjasama dengan pemerintah desa. Karena ekowisata ini lebih terarah pada daerah-daerah yang ada di desa dan yang menjadi kewenangan pemerintah desa,” ujarnya.

Mulyanto menambahkan bahwa ekowista di Kabupaten Magelang saat ini sudah mulai bergeliat dan menunjukkan keunggulanya masing-masing.

“Paska Pandemi Covid-19, mereka sekarang bergeliat, untuk tumbuh berkembang, dan memperlihatkan kualitasnya masing-masing,” terangnya.

Oleh karena itu dia berharap, antara pemerintah desa, kemudian pokdarwis, dan pelaku wisata semuanya bisa bekerjasama mewujudkan ekosistem wisata.

“Dengan demikian nantinya masyarakat mampu mendapatkan rejeki dari hadirnya wisata alam. Pesan kami wisata jangan kemudian dibuat tidak menarik, bagi para wisatawan. Berikanlah kealamiahan yang ada di masing-masing obyek wisata, sehingga masyarakat bisa melihat, biasa menilai keunggulan di mana saja mereka berkunjung,” pungkas Mulyanto.(kmgl/az).

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply