Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Tim Tari Garuda SMP Negeri 1 Salaman Sabet Medali Emas di FLS2N 2023

29 Agustus 2023, kabarMagelang.com__Tim Tari Garuda SMP Negeri 1 Salaman berhasil membawa pulang medali emas dalam kompetisi tahunan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang dihelat di Jakarta pada tanggal 16-19 Agustus 2023 lalu. Tim yang terdiri dari Naila Hana’ Nibras (IX A), Isabella Syifa Dewi Suryanto (IX F), dan Nasywa Meila Nurshifa (VIII B) sukses menggondol emas pada kategori penyaji terbaik.

Untuk melaju ke tingkat nasional, tim yang dilatih oleh Rianto Purnomo ini terlebih dahulu harus lolos pada seleksi tingkat kabupaten dan provinsi. Setelah menjadi juara 1 di tingkat Kabupaten Magelang dan Provinsi Jawa Tengah, Tim Garuda masih melalui seleksi untuk masuk sebagai 16 finalis terbaik dari seluruh Indonesia. Dari 16 finalis terbaik tersebut kemudian dikerucutkan menjadi 10 finalis yang berhak melaju ke babak nasional yang diadakan di Hotel Golden Boutique Kemayoran pada (16/8/2023). 

Kepala Sekolah melalui Waka Humas, Chakim Muqtada, memberikan pernyataan mengenai capaian yang berhasil didapatkan oleh tim Tari Garuda.

“Kami tentu merasa bangga atas prestasi yang didapatkan oleh anak-anak didik kami,” saat ditemui di SMPN I Salaman Senin (29/8/2023).

Dia melanjutkan, “Apa yang mereka raih merupakan bentuk kerja keras, usaha, komitemen, dan tanggung jawab antara sekolah, siswa, dan wali murid untuk meraih prestasi terbaik dalam perlombaan FLS2N ini.

”Setali tiga uang, Waka Kesiswaan, Nur Hestiningsih, yang mendampingi semenjak awal tim Tari Garuda berkompetisi di kabupaten hingga nasional mengamini pernyataan tersebut. “Kami melihat anak-anak yang begitu potensial. Meskipun mereka berasal dari latar belakang keterampilan yang berbeda (silat, pramuka, dan basket), tetapi mereka bersungguh-sungguh sejak awal dilakukan seleksi. Tentu saja setelah latihan yang panjang, apa yang mereka dapatkan saat ini (medali emas) adalah wujud kerja keras dan kesungguhan mereka dalam mencapai hasil yang maksimal,” terangnya. 

Salah satu anggota tim Naila Hana’ Nibras mengaku tidak menyangka akan mendapatkan medali emas dalam kompetisi seni paling bergengsi bagi pelajar Indonesia tersebut. Siswa yang juga merupakan atlet pencak silat ini menuturkan awal mula dia tergabung dengan tim Tari Garuda.

“Awalnya hanya coba-coba saja. Kebetulan saya memang senang tampil di depan umum. Waktu pensi tahun lalu, saya juga menari untuk mewakili kelas saya. Alhamdhulillah juara. Lalu ketika ada seleksi tari di sekolah, saya memutuskan untuk ikut. Alhamdhulillah juga terpilih,” ujarnya.

Bersama kedua rekannya yang lain, dia menjalani karantina selama kurang lebih dua bulan sebelum berkompetisi di tingkat kabupaten.

“Saya nggak berekspektasi banyak, soalnya saingan kami memang bagus-bagus sekali. Saya cuma berusaha untuk latihan dengan giat, mengikuti arahan Pak Pur, dan memberikan yang terbaik. Ternyata kami bisa sejauh ini dan membawa pulang medali emas untuk SMP Satu Salaman,” kata Nasywa Meila Nurshifa saat ditemui di tempat yang sama dengan Naila.

Kontingen tari Jawa Tengah sendiri berkompetisi melawan sembilan kontingen dari provinsi lain seperti, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Riau, Lampung, Jambi, Aceh, dan Papua Selatan. Selain itu, medali emas yang di dapatkan oleh tim Tari Garuda merupakan medali emas pertama cabang tari kreasi tingkat nasional lomba FLS2N yang di dapatkan oleh SMP Negeri 1 Salaman setelah pada tahun sebelumnya hanya dapat melaju sampai ke tingkat provinsi. Selain lomba FLS2N, pada waktu dekat SMP Negeri 1 Salaman juga akan mengirimkan siswa atas nama Ahmaddinejad untuk mengikuti kompetisi OSN IPA tingkat nasional dan diharapkan mampu membawa pulang medali yang sama dengan tim Tari Garuda. (kmgl/az).

 

 

 

  

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply