Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Operasi Lilin Candi 2023: Polresta Magelang Siap Amankan Natal dan Tahun Baru


KabarMagelang.com__Polresta Magelang melaksanakan Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Candi 2023, Jumat (22/12/2023). Kegiatan dipimpin oleh Kapolresta Magelang, Kombes Pol. Mustofa, S.I.K., M.H., diwakili Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H.

Turut hadir Bupati Magelang yang diwakili Sekda Drs. Adi Waryanto, Dandim 0705/Magelang diwakilkan Pabung Kapten Inf Rizky Sudarmanto, dan sejumlah pejabat terkait dan tokoh masyarakat.

Wakapolresta Magelang menyampaikan Gelar Pasukan menjadi bagian dari persiapan operasi keamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Gelar Pasukan diikuti sebanyak 317 personel dari berbagai instansi, terdiri dari personel Kodim 0705/Magelang, Kompi Brimob BKO Polda Jawa Tengah, Personel Polri Polresta Magelang, Dinas Perhubungan. Serta Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, BPBD, dan Security Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

Dalam amanatnya, AKBP Roman Smaradhana Elhaj membacakan amanat dari Kapolri, dan menekankan bahwa Gelar Pasukan ini merupakan pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana. Hal itu dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Operasi Lilin Candi. 

"Operasi Lilin 2023 melibatkan 129.923 personel dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya. Ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan," amanatnya.

Dalam konteks ini, pengamanan Natal dan Tahun Baru dianggap sebagai tugas rutin yang harus dijalankan dengan optimal. Mengingat potensi pergerakan masyarakat yang diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143,65% dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Pengaturan lalu lintas, pengamanan objek vital, dan antisipasi terorisme menjadi fokus utama dalam pengamanan ini,” tandasnya.

Kepada seluruh peserta Gelar Pasukan diingatkan untuk memahami dan mengimplementasikan kebijakan yang telah dikeluarkan. Seperti pembatasan operasional angkutan barang, rekayasa lalu lintas, dan pengaturan arus lalu lintas penyeberangan laut. 

“Adapun pada lokasi dan jalur menuju objek wisata, perhatian khusus perlu diberikan untuk mencegah kemacetan dan memberikan kenyamanan kepada wisatawan,” pesannya.

Untuk mendukung kelancaran tugas pengamanan, sinergisitas dan soliditas antarinstansi diharapkan menjadi kunci utama keberhasilan Operasi Lilin 2023. Seluruh personel diminta untuk menjaga kesehatan, menjadikan tugas sebagai ladang ibadah, dan memastikan setiap informasi tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh personel dan pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023. Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua, demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045," pungkas Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj. (Haq) 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply