Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » KPU Kabupaten Magelang Akan Rekrut 3.810 Orang Pantarlih

Mangkid, kabarMagelang.com_Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menggelar rapat koordinasi persiapan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (mutarlih) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2024. Kegiatan yang melibatkan beberapa ormas, kepemudaan, dan disabilitas serta stakeholder terkait ini, dilaksanakan di Ballrome Cemara Grand Artos, Selasa (11/6/2024).

Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofik mengatakan pendaftaran calon Pantarlih akan dibuka mulai 13-19 Juni 2024 untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 mendatang. Adapun kebutuhan petugas Pantarlih di Kabupaten Magelang mencapai 3.810 orang.

“Petugas Pantarlih yang direkrut memprioritaskan mereka yang memiliki kemahiran untuk memanfaatkan teknologi informasi,” ungkapnya.

 

Dia menegaskan tugas dari pantarlih adalah pencocokan dan penelitian (coklit) untuk validasi data pemilu yang pelaksanannya berbasis digital, yakni dengan memggunakan aplikasi e-coklit.

 

"Yang kita prioritaskan adalah warga yang tinggal di situ, sudah SLTA, mengenal wilayah dan memiliki kemampuan IT," jelasnya.

 

Mereka akan mencocokkan daftar pemilih pada formulir model A daftar pemilih dengan KTP-el atau dokumen kependudukan lain. Selanjutnya mencatat data pemilih yang memenuhi syarat, tetapi belum terdaftar dalam Daftar Pemilih ke dalam formulir model A-Dafftar Potensial Pemilih.

 

“Selain itu juga memperbaiki data pemilih apabila terdapat kekeliruan dan mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat,” terang Rofik.

 

Dia menyebutkan untuk TPS dengan jumlah pemilih di bawah 400 akan diisi oleh satu orang Pantarlih. Dan untuk TPS dengan jumlah pemilih di atas 400, sebanyak dua petugas Pantarlih. Jumlah di Kabupaten Magelang pada pelaksanaan Pemilukada 2024 mencapai 1.988 TPS.

 

"Jadi kunci dari tugas Pantarlih adalah keakuratan, komprehensif data pemilih, dan pemutalhiran data pemilih,” pungkas Rofik.(haq
).

 


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply