» » » Guru SMP Kabupaten Magelang Gelar Semiloka Jurnalistik


KABARMAGELANG.COM---Sebanyak 250 guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Magelang mengikuti semiloka manajemen jurnalistik di aula SMPN I Salaman Kabupaten Magelang, Senin (9/2). Kegiatan ini digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP

Acara yang dibuka Plt Kadisdikpora, Eko Triyono disambut antusias oleh seluruh peserta. Mereka secara aktif banyak menanyakan perihal materi yang disampaikan oleh nara sumber dari kalangan wartawan, antara lain Habib Sholeh (SM), Bagyo Harsono (KR),Muhtar Lutvi (Radar semarang) dan Ch Kurniawati (Radio Elshinta/Kabar Magelang.com).

Adapun materi yang disampaikan meliputi teknik menulis berita, ragam bahasa jurnalistik, majalah dinding dan fotografi serta perwajahan buletin.

"Karena dilaksanakan pas tanggal 9 Februari, sekaligus kita mengucapkan selamat hari ulang tahun untuk insan pers," kata Eko berkelakar saat menyampaikan sambutannya.

Eko juga menyambut baik kegiatan ini karena bisa menjadi ajang mengembangkan dan meningkatkan kemampuan guru-guru khususnya guru Bahasa Indonesia dan TIK. Terutama mengasah kemampuan mereka dalam menulis berita, manajemen majalah dinding dan buletin.

Secara khusus Eko juga berharpa kepada setiap sekolah, kedepan untuk secara kontinyu membuat mading dan buletin. "Mading dan buletin sebagai ajang mengasah kemampuan menulis para siswa maupun guru," katanya.

Bahkan saat melihat antusiasme peserta cukup tinggi, maka kedepan direncanakan akan diadakan lomba mading ataupun buletin.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP, Drs Abdul Karim yang juga Kepala SMP Negeri 1 Salaman menambahkan, jika kegiatan ini diikuti seluruh SMP negeri dan swasta diwilayahnya. Senada dengan Eko, target kedepan, setiap sekolah akan memiliki majalah dinding (mading) dan bulletin sekolah. Ia juga sangat berharap kedepannya ada beberapa sekolah yang mengikuti lomba bulletin yang digelar Kementrian Pendidikan Dasar pada September 2015 mendatang. (tie)

ket gambar:
Para guru Bahasa Indonesia dan TIK Kabupaten Magelang saat mengikuti semiloka manajemen jurnalistik di aula SMPN 1 Salaman, Kabupaten Magelang, Senin (9/2). (foto: ch kurniawati)

About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply