» » Perbaikan Musium Widayat Telan 1,5 Miliar





MUNGKID - Setelah mengalami kerusakan cukup serius, Musiem Widayat di Kabupaten Magelang, dilakukan revitalisasi menggunakan kucuran dana sebesar Rp 1,5 miliar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Direktur Musium Haji Widayat (MHW) Magelang Fajar Purnomo, dengan bantuan dana dari pemerintah ini, paling tidak bisa menyelamatkan keberadaan Musiem Haji Widayat. Karena selama ini, kondisi musiem sangat memprihatinkan. Selain bangunan gedung  mengalami kerusakan akibat terkena abu vulkanik Gunung Merapi dan Gunung Kelud, juga karya mestro H Widayat juga mengalami kelembaban, yang mengakibatkan karya seni itu rusak.

"Jika tidak mendapat bantuan dana dari pemerintah, mungkin Musiem Widayat yang masuk cagar budaya itu, kerusakan museum akan semakin parah, karena bangunan bagian dalam kayunya mulai lapuk di makan rayap," kata, Fajar Purnomo, Kamis (12/3).

Seluruh bangunan baik dalam maupun luar telah diperbaiki, termasuk genteng yang kotor oleh abu vulkanik. Dengan perbaikan ini, Museum Widayat siap dibuka untuk aktivitas masyarakat, terutama untuk pameran lukisan para seniman. Karena saat ini, musium telah dilengkapi camera CCTV serta lampu penerangan.


Musium seluas 1.300 m2 yang berbentuk joglo ini, berdiri pada tahun 2001 dan diresmikan penggunaanya untuk pertama kali oleh H. Widayat. Bangunan terakhir yang melengkapi komplek Museum H. Widayat adalah rumah joglo yang diberi nama Art Shop Hj. Soemini didirikan sebagai penghormatan atas jasa istri kedua.

"Kini Museum Haji Widayat selesai direvitalisasi, dan siap menggelar pameran. Rencana pertengahan Maret 2015, akan digunakan pameran lukisan hasil karya H Widayat serta karya 44 seniman muda," Tutup Fajar didampingi Karina Rima Melati. (Ad)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply