» » Warga Berdesakan Berebut Gunungan Durian





KABARMAGELANG.COM_Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Magelang, selenggarakan festival durian di Lapangan Kecamatan Candimulyo jumat (19/3). Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin, dan
dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto serta
sejumlah pejabat daerah setempat. Festival tahunan  yang tak semeriah tahun lalu (2014), tetap menarik ratusan  penunjung untuk berebut gunungan durian .

           
Ketua Panitia Surajiman mengatakan, panen durian tahun ini merosot drastis sehingga peserta yang ikut memeriahkan festival juga menurun. “Tahun lalu (2014) ada 37 peserta, sekarang hanya 19 peserta yang ikut dan hanya 3 gunungan durian,” Dia menambahkan, dalam festival kali ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan, selain lomba gunungan durian sebagai icon, juga ada lomba gede-gedean durian, rasa dan legit durian, serta aneka olahan durian,”Jelasnya.

Surajiman juga menambahkan,” Tujuan kami adalah selain acara rutin, kami akan menggali potensi durian lokal Candimulyo, dan mengidentifikasi durian mana yang memiliki kualitas bagus, selanjutnya dijadikan pohon induk dan dikembangkan,"


Untuk tahun ini tidak ada rebutan gunungan durian, mengingat kejadian tahun lalu (2014) banyak warga yang ikut rebutan mengalami luka akibat kena duri.” Maka di acara kali ini kami bagikan 500 buah durian secara gratis kepada masyarakat,agar tidak ada lagi rebutan gunungan.”Tuturnya. 


Namun Usai acara ratusan pengunjung tetap nekad berdesakan berebut gunungan durian yang masih terletak di depan panggung, panitia yang kuwalahan akhirnya membiarkan para pengunjung tetap berebutan gunungan durian sampai habis.


Dalam Festival durian ini juga di gelar pameran berbagai jenis durian lokal dan  hasil home industri olahan durian dari masyarakat Candimulyo, yang akan berlangsung hingga hari minggu (22/3). (Zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply