» » Listrik Padam Ratusan Peserta UN Garuh




KABARMAGELANG.COM_Apa jadinya jika listrik padam saat Ujian Nasional berlangsung, seperti yang dialami oleh ratusan peserta Ujian Nasional kejar paket C di SD Negeri Borobudur 2, Magelang Senin Siang (13/4) kemarin. Akibat pemadaman ini peserta Ujian Nasional yang rata-rata sudah tdak muda lagi harus  mengerjakan soal dalam keadaan gelap.

Ujian Nasional kelompok kejar paket C yang diikuti 820 peserta terpaksa menggunakan penerangan penerangan dengan ponselnya, meskipun sebenarnya dilarang saat Ujian berlangsung. Pemadaman yang berlangsung 30 menit ini juga sempat membuat garuh peserta Ujian, karena dalam ruangan tampak gelap akibat hujan yang deras, hal ini di perparah tidak tersedianya genset yang harusnya dipersiapkan oleh panitia.

        Nurhazis (43), salah satu peserta UN Paket C mengatakan, waktu mengerjakan soal tiba-tiba mati listrik, jadi agak kesulitan baca soalnya, apalagi mata saya ini sudah plus (kesulitan membaca jarak dekat)," Tuturnya.

          Dari hasil informasi yang di dapat,  pemadaman listrik diduga adanya gangguan jaringan dari PLN setelah hujan deras disertai petir mengguyur di wilayah Borobudur sejak pukul 13.15 WIB. Pemadaman terjadi saat peserta mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, tepatnya pukul 14.30-15.00WIB.

         Ketua Panitia UN Kabupaten Magelang Mushowir, menyayangkan pemadaman listrik yang terjadi selama pelaksanaan UN. Padahal sebelumnya, lanjut Mushowir, pihaknya telah mengajukan permintaan kepada pihak PLN supaya melakukan antisipasi guna turut mendukung pelaksanaan UN.

          “Pemadaman selama  30 menit itu cukup mengganggu peserta yang tengah mengerjakan soal-soal UN. Meskipun UN Paket C ini tidak menggunakan system Computer Based Test (CBT).”Tambahnya.

           Sebagian besar peserta UN Paket C itu sudah tidak muda lagi. Daya penglihatan mereka sudah menurun sehingga kesulitan ketika membaca soal, “Jadi otomatis waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal juga berkurang,"TandasMushowir.

           Diketahui UN Paket C tahun 2015 diikuti oleh 802 peserta dari 16 sanggar belajar yang tersebar di wilayah Kabupaten Magelang. Ujian kesetaraan SMA ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Borobudur, SMK Muhammadiyah Borobudur, SD Negeri Borobudur 1 dan SD Negeri Borobudur 2, hingga 16April2015 mendatang.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply