» » DBD Di Magelang Kian Merebak




MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Magelang semakin banyak.  Setelah Kecematan Borobudur yang terdapat 31 kasus, kini giliran Kecamatan Mertoyudan,  sedikitnya sudah 55 kasus ditemukan sejak awal tahun ini.

Menurut Petugas DBD Puskesmas Mertoyudan Berti Dyian, tahun ini  meningkat drastis  dibandingkan tahun lalu. Tahun  2014 selama setahun hanya ditemukan 30 kasus. Sekarang baru di bulan Mei sudah ada 55 kasus.

”Mertoyudan memang sudah ditetapkan sebagai daerah endemik jadi kasusnya selalu ada bahkan di tahun ini cenderung meningkat,” terang Berti.

Dari hasil penenyelidikan sementara , kasus DBD  ini tidak hanya berasal dari wilayah setempat. Namun juga luar daerah lain. ”Mobilitas masyarakat di sini sangat tinggi,” jelasnya.

Berti juga mengatakan tingginya kasus ini diduga  juga karena siklus lima tahunan. ”Mungkin siklus sehingga jumlahnya melonjak drastis,” tambah Berti.
 .
Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih besar, pihaknya melakukan fogging serta sosialisasi kepada warga agar terbiasa menerapkan hidup sehat. ”Di sini sudah  jadi daerah yang rentan DBD, jangan membiarkan jentik-jentik nyamuk hidup,” tegasnya.

Ketua RW 1 Perum Kalinegoro Mahani Wibowo, mengatakan di daeerahnya sudah ditemukan lima kasus. Mereka yang terserang DBD mulai dari bayi hingga orang tua. ”Bahkan ada ibu dan anaknya yang tertular bersamaan,” katanya.

        Sementara data yang  bersumber dari Puskesmas II Mertoyudan. Pusat kesehatan ini membawahi enam desa. Yakni Kalinegoro, Jogonegoro, Bondowoso, Sukorejo, Banjarnegoro dan Bulurejo. Dan wilayah  keenam desa tersebut positif terkena DBD (zis).

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply