» » Jelang Waisak Di Plataran Candi Borobudur




 
BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Jelang peringatan Waisak 2559 Budhis Era (BE) tahun 2015, sejumlah persiapan mulai dilakukan di plataran   Candi Borobudur. Beberapa tenda untuk umat Budha dan undangan sebagian sudah didirikan, termasuk altar utama dengan patung Sang Agung Budha Gautama.

Guna mendukung prosesi suci umat Budha, berbagai persipan mulai  dilakukan baik di plataran Candi Mendut maupun di Candi Borobudur (30/5).

Seperti tahun sebelumnya peringatan Waisak akan di dahului dengan prosesi Pindhapata di Klentheng Kota Magelang (31/5), dilanjutkan aksi bakti sosial berupa pengobatan masal selama dua hari  (1-2/6) yang di pusatkan di taman Lumbini Borobudur. 

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, sebagian umat Budha dan Biksu mulai melakukan dua rangkaian acara suci menyambut detik-detik Waisak, yakni pengambilan air suci dari sendang Jlumprit Temanggung serta api abadi Merapen Grobogan.

Kedua simbol ajaran Budha ini, kemudian di semayamkan di Candi Mendut dengan prosesi puja bhakti oleh ribuan umat Budha dari berbagai Sanghai Walubi.

Sedang Perayaan hari Trisuci Waisak Nasional Tahun ini jatuh pada tanggal 2 Juni 2015, yang akan di tandai dengan prosesi kirap para umat Budha kurang lebih lima kilometer, dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur,  dan pada puncak Waisak rencana di hadiri oleh Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri. Sementara detik-detik Waisak sendiri jatuh pada hari Rabu (3/6) pukul 00.30 WIB.(zis)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply