» » Kodim 0705/Magelang gelar Tes Kesamaptaan Jasmani





             KABARMAGELANG.com_Komando Distrik Militer 0705/Magelang menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani Periode I Tahun 2015 di Lapangan Rindam IV/Diponegoro. Kegiatan yang berlangsung sejak Selasa (5/5 ) kemarin bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan jasmani prajurit serta PNS agar selalu siap melaksanakan tugas pokok.

             Komandan Kodim 0705/Magelang, Letnan Kolonel Arm I Made Gede Antara, S.Sos berpesan agar para peserta serius dan bersungguh - sungguh dalam melaksanakan kesamaptaan jasmani. Karena kegiatan ini juga untuk mengukur kemampuan phisik para peserta. "Para prajurit dan PNS harus serius dalam kegiatan ini, tetapi juga harus tahu  kemampuannya" ujar Dandim.

             Tes kesamaptaan jasmani ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan jasmani prajurit serta PNS agar selalu siap melaksanakan tugas pokok,”tegas I Made.

Kapten Inf Suparna, selaku Komandan latihan tes kesamaptaan jasmani menjelaskan bahwa sebelum melaksanakan tes, para peserta diwajibkan untuk pengecekan kesehatan / tensi terlebih dahulu. Setelah dinyatakan memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan tes kesamaptaan jasmani maka peserta baru memasuk tahapan selanjutnya,”katanya.

             Materi tes, kesemaptaan jasmani yang dilaksanakan lanjut Suparna,  meliputi, pemeriksaan postur tubuh, tersegaran jasmani dan tes ketangkasan jasmani.Pemeriksaan postur tubuh meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan kelainan struktur anatomi tubuh, pengamatan sikap, gerak dan penampilan.

“Sedangkan  tes kesegaran jasmani meliputi kesegaran A yaitu lari 3200 meter dan kesegaran B yang terdiri dari pull up, sit up, push up dan shutle run. Untuk kesegaran B masing - masing dilaksanakan selama 1 menit, kecuali shuttle run. Shutle run dilaksanakan 3 kali putaran. Sementara untuk tes ketangkasan jasmani adalah renang dasar gaya dada 50 meter,”terangya.

Kodim 0705/Magelang sebagai bagian TNI AD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan beberapa fungsi, diantaranya adalah fungsi organik pembinaan di bidang latihan guna meningkatkan kemampuan personel di jajarannya termasuk kemampuan jasmani dalam rangka mendukung tugas pokok.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply