» » Ogoh – Ogoh Raksasa Di Kirab



BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Kirab dua ogoh-ogoh dalam Gelar Budaya Desa Wanurejo. Kegiatan yang di selenggarakan rutin setiap tahun oleh warga Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Magelang Minggu (17/5) bertujuan untuk mempromosikan Desa Wanurejo sebagai Desa yang memiliki banyak potensi seni budaya dan destinasi wisata.

Di hadapan ribuan warga sejumlah kelompok seni dari sembilan Dusun yang ada di Wanurejo menampilkan  kebolehan masing-masing. Mereka melakukan kirab mengelilingi Desa sejauh dua kilometer. dari topeng ireng,jathilan, dayakan, marching band tradisional, prajuritan, hingga ogoh-ogoh raksasa. 

Ketua Panitia Gelar Budaya Wanurejo 2015 Bendrat, menjelaskan, Gelar budaya yang ke 12 ini bertujuan untuk menunjukan kepada khalayak bahwa Desa Wanurejo memiliki banyak potensi seni dan budaya yang patut dibanggakan. 

       Perihal pawai Bendrat menerangkan, sengaja menampilkan tokoh raksasa dan Arjuna sebagai icon, merupakan gambaran bahwa di sekitar kita masih ada dua sifat yakni keserakahan serta kebaikan.

     Selain kirab budaya, Gelar Budaya Wanurejo 2015, berbagai kegiatan di selenggarakan. seperti kirab ritual air di Umbul Tirta dengan tema  'Manunggaling Tirta Katon Teja' yang memiliki makna, jika seluruh isi bumi ini bersatu maka akan membawa kedamaian dan kemakmuran, pentas wayang kulit dan ketoprak.(zis)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply