» » Renaca Pembangunan Pasar Tak Sesuai Harapan Pedagang


MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Sejumlah Pedagang Pasar Muntilan keberatan karena kios dan los pasar yang akan dibangun ukurannya menyusut. Mereka minta pemda merevisi desain pembangunan pasar yang sudah di tetapkan.

Ahmad salah satu pedagang kelontong menjelaskan, para pedagang sekarang menempati kios dan los berukuran  4x4 meter dan 4x2 meter, sedangkan desain pembangunan yang sudah ditetapkan nantinya  hanya 3x3 meter dan 2x2 meter. “Prinsipnya kami setuju adanya pembangunan pasar, akan tetapi kalau bisa jangan ada perubahan ukuran, apalagi ini menjadi kecil,”jelasnya.

“Kami berharap pemkab merevisi kembali desain pembangunan yang sudah di tetapkan, karena ini akan sangat merugikan kami semua. Pasti akan berdampak pada menurunya penghasilan. ”terang Ahmad.

Senada dengan pedagang lainya Abdul wahid, ia mengungkapkan selama ini belum pernah diajak oleh pemkab untuk berembug dalam rencana pembangunan pasar yang akan di mulai 2016 mendatang. “Seharusnya pemerintah mengajak para pedagang untuk ikut andil dalam perumusan penentuan ukuran, sehingga pedagang tidak kecewa nantinya,”tuturnya.

“Dengan ukuran kios yang semakin sempit, tentu nantinya  membuat penghasilan menurun, karena dagangan yang bisa di dasarkan berkurang,”ungkap Wahid.
  
Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Asfuri melalui Sekretaris Achmad Ruswanto mengakui, sudah tidak bisa memenuhi keluhan para pedagang.

 “Sudah ada kesepakatan saat audensi dengan komisi II DPRD, bahwa ukuran kios nantinya 3x3 meter sedangkan los 2x2 meter, karena ada penambahan 20 persen dari sebelumnya,”terangnya.

Menurutnya, luas lahan Pasar Muntilan yang akan dibangun 2016 mendatang, masih sama dengan ukuran yang ada sekarang yakni 21.901 meter persegi. “Dengan adanya penambahan 20 persen untuk kios dan los tentu saja ukuranya akan menjadi lebih kecil,”ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Energi dan Sumber Daya Mineral Sutarno pernah penyampaikan sesuai desain pembangunan pasar muntilan, bahwa jumlah dan ukuran sudah final dan tidak bisa berubah.

 ”Luas lahan Pasar Muntilan mengacu pada hasil pengukuran Badan pertanahan Nasional (BPN) Magelang.  Jadi sudah fik dan final,” tegasnya.(zis)






About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply