» » Disperindag Antisipasi Munculnya Beras Plastik





MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Merebaknya kabar adanya beras plastik (sintesis) membuat instasi terkait di Kabupaten  Magelang terpaksa  melakukan monitoring padagang beras di beberapa pasar. Monitoring  yang terdiri dari Disperindag, Dinkes, BPPKP dan Satpol PP  ini bertujuan untuk mengantisipasi beredarnya beras plastik di wilayah Magelang (23/5).

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Disperindak Kabupaten Magelang Anang Kusbandiyanto mengatakan,  setelah cek dan uji langsung di lapangan, pihaknya belum menemukan adanya beras plastik. “Kami sudah mengambil sample dan uji langsung di pasar Muntilan danTalun. Hasilnya masih negatif,”jelasnya.

“Setelah ini kami akan melakukan monitoring ke pasar-pasar yang lain secepatnya.”tegas Anang usai melakukan monitoring di pasar Muntilan.

Anang juga mengungkapkan bahwa, antara beras asli dan yang tidak asli (plastik) sangat mudah untuk di ketahui. Ada beberapa cara sederhana untuk membedakannya. “Beras asli kalau di bakar akan berbunyi seperti brondong digoreng, dan yang plastik cenderung meleleh seperti karet,”ungkapnya.

“Beras yang asli kalau di cuci akan keruh, sedang beras palstik tetap jernih, “tambah Anang.

Sementara Sulistyowati salah satu pedagang beras menjelaskan, kemungkinan beras plastik belum sampai di Muntilan. Omset penjualan belum begitu berdampak dan masih stabil. “Hanya pembeli sekarang lebih memilih beras yang belum polesan, atau beras yang langsung dari penggilingan.”terangnya.

“Beras yang sudah polesan warnanya lebih jernih dan terang, selain harganya lebih mahal mereka khawatir mendapatkan beras plastik yang warnanya hampir sama,”pungkas pedagang beras di pasar Muntilan ini.(zis)




  

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply