» » Peringati Bulan Bung Karno DPC PDIP Mengajar




           

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Kabupaten Magelang selenggarakan program mengajar. Beberapa pengurus DPC PDIP tersebut mengajar di beberapa SLTA dengan materi sejarah Bung Karno dan Pancasila (12/6).

            Ketua DPC PDIP Kabupaten Magelang, Saryan Adi Yanto SE menjelaskan,             Kegiatan PDIP mengajar ini dilouncing di tiga sekolah. Yakni SMA N 1 Salaman, SMA N 1 Muntilan dan SMA N 2 Grabag.             ”Kita ingin memberikan edukasi kepada para pemuda khususnya pelajar tentang sosok Bung Karno dan ideologi Pancasila,” kata Saryan di sela-sela kegiatan mengajar di  SMA N 1 Salaman, 

            Dalam kesempatan itu, Saryan mengatakan semangat pancasila bukan merupakan ide baru atau perenungan suatu kelompok atau golongan tertentu. Melainkan berasal dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa.

”Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebagai dasar dalam  membentuk negara,”terangnya. 

Sampai saat inipun,  unsur-unsur yang ada dalam sila Pancasila harus tetap menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. ”Kebiasayaan gotong royong dan bermusyawarah adalah nilai-nilai luhur budaya bangsa yang terdapat dalam Pancasila.”tuturnya.

 "Pancasila sebagai Ideologi berarti Pancasila juga dijadikan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia,” beber Ketua DPRD ini.

Menurutnya saat ini, nilai-nilai luhur pancasila sudah banyak di tinggalkan. Seperti sila ketuhanan,  sudah sering dijadikan alat kekerasan, kerukunan dikebiri dan musyawarah ditinggalkan. ”Untuk itu, sebagai pemuda yang terpelajar kita mengajak para siswa untuk terus menjaga ideologi pancasila,”tambah Sariyan.

Salah satu siswa SMA I Salaman Susilo, mengaku mendapatkan banyak tambahan pengetahuan terkait Soekarno dan Pancasila. Materi yang dia dapatkan berbeda dengan yang pernah ada sebelumnya. ”Tadi juga diajari memekikkan semangat ala Bung Karno,” katanya.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply