» » Umat Islam Dan Khatolik Lereng Merapi Gelar Ritual Sendang Lawang






           DUKUN, KABARMAGELANG.com
__Sebagai wujud syukur anugerah air sepanjang tahun, ratusan warga dua agama Islam dan Khatolik Dusun gentak, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Magelang menggelar ritual Sendang Lawang Merapi.  Mereka  mengarak 73 tumpeng dari balai kampung menuju lokasi Sendang Lawang Merapi (10/6).

           Pelaku ritual Agus Merapi membakar hio, dan menebarkan bunga mawar ke mata air dan ratusan petani yang memadati lokasi mata air. Lewat ritual ini, warga berharap mata air akan tetap lestari. "Di daerah Srumbung banyak mata air mati karena eksploitasi pasir berlebihan. Kami minta penambangan alat berat jangan diijinkan karena merusak alam," bisiknya.

           Usai ritual di sendang Lawang wargapun  kembali ke balai dusun untuk menggelar doa bersama. Yang menarik doa bersama ini dilakukan oleh dua kelompok umat beragama yang hidup rukun dan damai di lereng Merapi yakni Islam dan Khatolik. 

           Menurut Mbah Wiryanto (75). saat erupsi Merapi sebagian besar mata air mati namun Tuk Lawang Merapi tetap mengalir deras. Banyak warga dari luar daerah memanfaatkan air yang tak pernah kering meski di musim kemarau tersebut.

           "Ini wujud syukur kami atas anugerah air yang terus mengalir," tambah lelaki  yang sudah disebut sesepuh kampung ini.(zis)









About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply