» »Unlabelled » Festifal Kesenian Promosikan Aneka Kerajinan Bambu







BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__ Gelar festival kesenian Rakyat promosikan  kerajinan bambu Dusun Cakran, Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur  2015. Puluhan aneka kerajinan tangan yang di hasilkan dari Desa tersebut  seperti pulpen, kalung, gantungan kunci, dan gelang telah di hasilkan sebagai sofenir para wisatawan yang berkunjung  bukan hanya di Borobudur tetapi juga ke beberapa obyek wisata lainya.

Ketua Panitia Pesta Kesenian Rakyat Desa Kebonrejo Haris Prasetyo. mengatakan pihaknya menggelar festival kesenian untuk mempromosikan kerajinan bambu kepada wisatawan. Sebanyak 11 kesenian tradisional dipentaskan bergantian mulai Minggu pagi pukul 09.00 WIB sampai malam pukul 21.00 WIB. "Di desa kami hampir 80 persen warga dari 80 keluarga merupakan perajin bambu," katanya

            “Ke-11 kesenian tersebut adalah Argo Putro dari Kebonsari, Turonggo Gondo Rinekso Keruk Batur (Majaksingi), Turonggo Mudo (Giritengah), Mustika Rimba (Borobudur), Lestari Krido Onggosoro (Borobudur), Sekar Jambe Arum (Wanurejo), Satrio Mudo (Kebonsari), Topeng Purba (Borobudur), Simolodro (Majaksingi), Loka Jaya (Candirejo), dan Sekar Diyu (Tingal Wetan), semua kesenian ini juga berasal  dari wilayah kecamatan Borobudur, “terang Haris.

            Sementara Ketua Forum Rembug Klaster Borobudur Kirno Prasojo menambahkan pengembangan kerajinan bambu ini sangat penting untuk meningkatkan penyebaran keramaian wisatawan.

           “Selama ini terkonsentrasi di Candi Borobudur dan desa-desa di sisi timur candi. .Kami ingin pariwisata di desa sisi barat candi juga berkembang akar masyarakat bisa menikmati kehadiran wisatawan,"tandasnya.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply