» » Ribuan Umat Budha Peringati Perayaan Asadha Di Borobudur






BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com_ Ribuan umat Budha seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga mengikuti perayaan Hari Raya Asadha di Kompleks Candi Borobudur, Sabtu (25/7). Perayaan hingga Minggu (26/7) tersebut, merupakan peringatan khotbah Guru Agung Buddha Gotama.

Pembina Bikhu Daerah Jawa Tengah Cattamano,  menjelaskan ada dua rangkaian inti kegiatan yakni Tipitaka Chanting,  dan puja bhakti agung perayaan Asadha. Makna Tipitaka Chanting sendiri adalah mengulang kembali khotbah-khotbah Guru Agung Budha, membaca apa-apa yang dimuat di Tipitaka dan baru pertama kalinya di selenggarakan di Indonesia. "Kegiatan ini bertujuan mengajak umat Buddha agar senang membaca, "katanya.

“Adapun puncak perayaan Asadha, adalah  pembacaan parita dan mendengarkan khotbah, dilanjutkan dengan kirap reliks Budha Gautama  mengelilingi Candi Agung Borobudur. Sedikitnya 50 orang Bikhu dan  3.000 umat Buddha dari seluruh Indonesia, bahkan dari beberapa negara lain seperti Singapura dan India mengikuti prosesi ini, “jelas Bikhu Cattamano.

Menurut Cattamano, perayaan Asadha sendiri sudah berlangsung di beberapa negara, yakni  India. Dari Indonesia, saat itu ikut diundang.  “Perayaan asadha di Indonesia sebenarnya  jatuh pada tanggal 30 Juli, saat bulan purnama, “tambahnya.

Sementara Ketua Panitia kegiatan, Bante Dhammakaro Tera  menerangkan  Tipitaka adalah kitab suci yang dulunya berupa tuturan lesan, baru pada abad keenam ditulis menjadi buku. “Pembacaan Tipitaka perlu diulang-ulang agar paham, sekaligus melestarikan isi tulisan tersebut. "jelasnya

“Manfaat pembacaan Tipitaka, lanjutnya, adalah menguatkan sada dan mengingatkan kembali ajaran Guru Agung Budha. “Dalam pembacaan Tipitaka maupun parita doa, ada energi yang memberi kekuatan baik pada tubuh maupun lingkungan, “tutur Bante Dhammakaro.

Pada perayaan ini, mereka juga berdoa untuk kedamaian umat manusia. Mereka berharap agar semua umat manusia saling menjaga kerukunan dan perdamaian termasuk menjaga semua makhluk di alam semesta ini. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply