» » Penyerapan Alokasi Anggaran APBD Magelang Triwulan II Tak Mencapai Target


MUNGKID,KABARMAGELANG.com__Realisasi fisik dan keuangan triwulan II Kabupaten Magelang tak mencapai target. Sampai dengan akhir triwulan II alokasi belanja langsung APBD Magelang hanya bisa menyerap 15,89 persen dari 30,06 persen yang ditargetkan. Hal ini disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP pada Rapat Koordinasi Pengendalian Operasi Kegiatan (RAKOR POK) di DI Ruang Bina Praja Kabupaten Magelang Kamis (30/7).

Zaenal mengatakan,  secara umum realisasi fisik dan keuangan pada triwulan II tahun anggaran 2015 memang meningkat bila dibandingkan dengan triwulan I. Namun demikian, kesenjangan antara target dengan realisasi fisik dan keuangan mengalami kenaikan tiga kali lipat dibandingkan dengan  kesenjangan pada triwulan sebelumnya (I).

 “Hari ini akan kita evaluasi penyebabya secara mendalam supaya ada perbaikan kinerja sehingga realisasi fisik maupun keuanga dapat mencapai target yang telah ditetapkan, “tegasnya.

Disisi lain Pengadaan Barang dan jasa terutama yang pagu anggaranya cukup besar dan harus melaui Unit Layanan Terpadu ( ULP ), sesuai dengan Sistem Informasi Rencana umum Pengadaan ( SIRUP) sampai dengan akhir triwulan II seharusnya sudah dilimpahkan 171 paket, namun realisasinya baru 124 paket atau 75 ,32% dan menumpuk pada triwulan II.

“Ketidak Patuhan SKPD pada jadwal pengadaan akan menimbulkan multiplier effect yang negatif pada pencapaian realisasi fisik maupun penyerapan anggaran, apalagi jika terjadi lelang ulang maupun gagal lelang, “ungkap Bupati

Diketahui Alokasi belanja Langsung APBD tahun 2015 sebesar Rp. 634.077.122.047,00 ( enam ratus tiga puluh empat milyar tujuh puluh tujuh juta seratus dua puluh dua ribu empat puluh tujuh rupiah ) sampai dengan akhir triwulan II tahun 2015 telah terserap sebesar 15,89% dari target 33,06%.

Sampai dengan 23 Juli 2015 Penyediaan dana Triwulan II sebesar Rp. 211.436.285.547,00 hanya terserap sebesar Rp. 101.407.087.370,00 atau 47,96%. Sementara itu realisasi fisik tertimbang Kabupaten sebesar 25,76% dari target 38,43 %.

Guna memperbaiki kinerja pelaksanaan APBD tahun anggaran 2015 pada triwulan berikutnya Bupati menghimbau kepada para kepala SKPD untuk meningkatkan pengendalian  dan pengawasan pelaksanaan kegiatan melalui koordinasi internal di SKPD secara rutin, melaksanakan percepatan pelaksanaan fisik maupun penyerapan anggaran dengan tetap memedomani ketentuan yang berlaku.

Selain itu dalam waktu dekat secara bergiliran Bupati Magelang akan memanggil unsur-unsur pimpinan di  SKPD, guna memecahkan permasalahan yang dihadapi dimasing masing SKPD. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply