» » Peterikan Temukan Cacing Hati Pada Daging Sapi Siap Jual


MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, menemukan cacing hati sapi dijual di Pasar Grabag. Beruntung, petugas menemukannya sehingga tidak sampai terjual dan dikonsumsi warga.

Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Ir Sri Hartini, di sela-sela sidaknya  menegaskan bahwa sidak daging akan terus dilakukan di sejumlah pasar tradisional dan swalayan. “Tidak hanya menjelang Lebaran seperti ini, tapi hampir setiap hari teman-teman keliling ke pasar-pasar dan rumah potong hewan (RPH),” katanya.

Dalam sidak di Pasar Muntilan, pihaknya tidak menemukan peredaran daging yang tidak aman dikonsumsi. “Secara umum, aman semuanya. Di Kabupaten Magelang, hanya satu di Pasar Grabag itu saja kita temukan cacing hati. Dan sudah ditangani teman-teman, jadi tidak sampai beredar di masyarakat,”jelas Sri Hartini.

            “Cacing hati kalau di konsumsi sangat berbahaya karena bisa menular ke manusia. Sebenarnya sangat mudah diketahui,, hati sapi terlihat ada guratan atau garis putih. Kalau dibelah diguratan putih itu, didalamnya akan terlihat cacingnya,” jelasnya.


Sementara harga daging sapi hingga saat ini, sudah mencapai Rp 120 per kg. Padahal, pada dua minggu lalu, harganya baru sekitar Rp 110 per kg. Kenaikan juga terjadi pada daging kambing. Sebelumnya Rp 90 ribu per kg, kini mencapai Rp 105 ribu per kg. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply