» » Temukan Tiga Alat Berat Penambangan Ilegal Dinas ESDM Surati Gubernur






SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Temukan  tiga alat berat yang menambang di  sekitar lokasi pembangunan sabodam BED 5 Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung selama bulan Juni 2015, Dinas ESDM Jawa Tengah kemudian melayangkan surat kepada Gubernur Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah, Bupati Magelang, dan Pimpinan PP Waskita Karya KSO. Pihaknya meminta penambangan ini segera ditertibkan karena tanpa ijin.

Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Ir Teguh Dwi Paryono MT mengungkapkan 
tiga alat berat terdiri dari dua excavator Kobelco dan satu excavator Caterpilar melakukan pembongkaran pasir dan batu. Dua alat berat ditemukan sedang menambang dan satu alat berat dalam kondisi berhenti.  "Informasinya alat ini melakukan aktivitas penambangan. Di lokasi sabodam BED 5 Desa Kaliurang," jelasnya.

Deputy Project Manager PP-Waskita Toto Birowo menjelaskan ketiga alat berat tersebut bukan milik mereka. PP-Waskita hanya mengoperasikan dua alat berat di lokasi BE-D5 mulai Rabu 27 mei 2015. Dua alat berat ini juga ditempeli stiker logo PU-PP Waskita KSO serta stiker yang bertuliskan alat berat ini bukan untuk penambangan.

"Alat berat caterpilar di BE-D5 bukan milik kami. Segala kegiatan alat berat tersebut bukan tanggungjawab kami. Kami tidak berwenang untuk menghentikan penambangan di sekitar lokasi pembangunan sabo dam," terangToto Birowo. 

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengendali Lahar Gunung (PLG) Merapi BBWSSO Dwi Purwantoro saat dikonfirmasi menegaskan bahwa tidak ada alat berat dari pihaknya yang digunakan untuk melakukan penambangan.

Dengan temuan ini, Dinas ESDM Jawa Tengah kemudian melayangkan surat kepada Gubernur Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah, Bupati Magelang, dan Pimpinan PP Waskita Karya KSO. Dinas ESDM Jawa Tengah meminta penambangan ini segera ditertibkan karena tanpa ijin. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply