» » Hektaran Hutan Taman Nasional Gunung Merapi Kembali Terbakar








    


SRUMBUNG-KABARMAGELANG.com__ Hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) kembali terbakar pada Rabu siang (27/8).  Sedikitnya  enam hektar hutan di wilayah Jurang Jero Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang tersebut hangus terbakar.
           Berdasarkan informasi dari relawan Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) dan kelompok Tani Jurang Jero Asri yang mengetahui pertama kali kebakaran tersebut, api mulai membakar semak-semak sekitar pukul 11.00 WIB. .

          Koordinator  relawan Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) Jatmiko,  menjelaskan, setelah mengetahui adanya kebakaran, para relawan langsung menyampaikan informasi ke masyarakat melalui radio komunikasi HT dan media sosial seperti facebook dan twitter.

            "Kebakaran besar di Merapi di atas hulu Kali Putih. Kita mohon bantuan dari rekan rekan relawan lainya mengingat semak-semak tinggi,"jelasnya. 
          Jatmiko menduga bahwa,  kebakaran hutan tersebut juga mengenai peralatan pemantau banjir lajar atau early warning sistem (EWS) milik BPPTKG yang dipasang di bantaran Kali Putih. Informasi ini menyebar cepat sehingga sekitar 250 relawan dari berbagai komunitas masuk ke kawasan TNGM untuk memadamkan api.
           “Relawan yang terlibat diantaranya Guruh Merapi, Peduli Merapi, SAR, JME, Garda Rescue, dan lainnya, “sebutnya.
            “Api baru bisa dipadamkan empat jam setelah terbakar atau sekitar pukul 15.00 WIB. Kebakaran kali ini menghanguskan sekitar enam hektar hutan Gunung Merapi, “timpal Iriyanto relawan JME.

           Sementara Kepala Seksi Wilayah I Taman Nasional Gunung Merapi Nurpana Sulaksono saat dikonfirmasi mengaku belum bisa memastikan berapa luas areal hutan yang terbakar, katena hutan Gunung Merapi sudah berulangkali terbakar sejak pertengahan Agustus lalu.
          “Penyebab kebakaran,kemungkinan dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab,  yang jelas kita telah kehilangan ribuan pohon dan tanaman hutan lainya, “tandas Nurpana. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply