» » Kakek 73 Tahun Pimpin Upacara HUT RI Di Tengah Sungai


SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Semangat memperingati upacara HUT RI ke-70 di lapangan hal biasa. Di Magelang ada cara unik dalam melaksanakan memperingati HUT kemerdekaan tahun ini.  Ratusan warga memilih melaksanakan upacara  di tengah sungai tangsi tepatnya di kedung Jurang Gandul Dusun Pongangan Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman Magelang. Yang lebih menarik semua petugas upacara berusia diatas 65 tahun.

Meski sambil menahan dinginya air,  dan semua petugas upcara berusia lanjut, upacara di tengah sungai tersebut tetap berjalan khitmat.  Meski demikian  tawa penonton dan peserta upacara pecah juga, saat Kasnun yang akan membacakan doa, terpeleset hingga tiga kali. Bahkan tak berhenti sampai disitu, suasana tambah hangat saat Kasnun membacakan doa sambil  menepuk-nepuk air sungai.

Semua petugas upacara adalah warga dusun setempat diantarannya, H Munir yang berusia 73 yang juga salah satu tokoh masyarakat setempat sebagai pembina upacaranya. Petugas doa dibawakan Kasnun yang berusia 71 tahun. Sedang tiga pengibar benderanya, semua juga berusia diatas 65 tahun.

Salah satu petugas upacara H Munir (73) mengatakan, dirinya tetap merasa senang meskipun upacara dilaksanakan di tengah sungai. 

“Meski sudah tua, namun kami senang dilibatkan menjadi petugas upacara. Terus terang, kami ingin memotivasi anak-anak muda sekarang, agar semangat nasionalismenya terus berkobar, “katanya.

            “Terlebih lagi, sungai ini juga pernah menjadi tempat  berlatih Bapak SBY mantan Presiden RI ke-6 saat bersekolah di Akmil Magelang dahulu, “jelas Munir.

Sementara Ketua Panitia Wahyu Aji mengatakan, memperingati HUT RI ke-70 tahun ini, selain upacara bendera di sungai, pihaknya juga menggelar aneka kegiatan. Diantaranya, karnaval sepeda keliling dusun, arak-arakan tumpeng, pentas seni dan pameran hasil kerajinan dan makan olahan yang ada di Dusun setempat, serta grebek jolo yang memperebutkan 1,5 kwintal ikan berbagai jenis seperti lele, nila, mujair dan lainnya. 

“Untuk grebeg jolo, kami terbarkan juga tiga ikan maskot, yaitu lele seberat 7 kg, 5 kg dan 4,5 kg,”terangnya.

Terkait kegiatan upacara bendera yang di laksanakan  di sungai, Aji menambahkan, selain untuk memperingati HUT RI juga sebagai sarana kampanye pelestarian ekosistem sungai. 

“Kami ingin warga juga ikut memelihara ekosistem sungai. Karena itu, hampir semua kegiatan memperingati HUT RI ke-70 tahun ini, kami gelar disungai,”tandasnya.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply