» » Cantik, Piawai Menari… Siapa Dia?



MAGELANG, KABAR MAGELANG.com- Lenggak-lenggok tubuh bagi Asih Yuniati merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupanya. Ia mengaku gandrung dengan seni tari sejak kecil, mulai mantap lagi saat ia menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta jurusan tari.
“Kesenian tari harus kita lestarikan, budaya lokal yang merupakan warisan lelulur mari kita uri-uri bersama sampai kapanpun, cinta tari harus kita tanamkan sedini mungkin kepada generasi muda kita, karena ini juga bagian dari nasiolisme atau cinta tanah air,” tutur Ayu-sapaan akrab- Asih Yuniati kepada KABAR MAGELANG.com
Guru SMA Negeri 3 Purworejo ini mengaku piawai dengan berbagai macam tari, diantaranya; gambyong, bedoyo, bambangan cakil, karonsih, jatilan, topeng ireng atau dayakan, dolalak yang merupakan tari khas Purworejo. Juga tari-tari kreasi baru terkini.
“Saya juga sering tampil di berbagai even, pernah pentas di anjungan Jawa Tengah  Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dan yang terbaru, Rabu (14/10) lalu, pentas dalam ajang parade budaya bukit menore
h dalam rangka HUT Kabupaten Kulonprogo Provinsi DIY,” aku perempuan cantik kelahiran Purworejo 14 juni 1972 lalu.
Pelatih tari di pusat latihan tari (PLT) Mardi Susilo Pendopo Kabupaten Purworejo ini selalu menekankan kepada siswa-siswinya dan masyarakat pada umumnya untuk tidak melupakan sastra jawa. “Saya meminta kepada anak didik saya untuk bisa mahir sesorah (pidato bahasa jawa) dan geguritan (membuat puisi jawa),” pungkas mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Universitas Widya Wiwaha Yogyakarta ini. (az).

About Kabar Magelang AZ

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply