» » Bupati Salurkan Rp. 207 Juta Lebih Kepada 134 Korban Bencana Puting Beliung Dan Longsor



MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, menyerahkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung, dan tanah longsor di Dusun Kacetan, Desa Ngargosoko, Kecamatan Kaliangkrik. Kamis (26/11). Bantuan senilai Rp.207.500.000, dari dana pos tak terduga APBD Kabupaten Magelang tersebut diterimakan kepada 133 korban bencana angin puting beliung dan 1 korban bencana tanah longsor.

Bupati menjelaskan bahwa Penanggulangan bencana membutuhkan upaya terpadu yang melibatkan masyarakat secara aktif dan koordinasi yang baik di antara semua pihak, baik pemerintah, masyarakat,  organisasi masyarakat, organisasi profesi, swasta, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

Bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja, namun demikian, tanda-tanda alam sebenarnya dapat kita pelajari berdasarkan pengalaman, sehingga kita dapat mewaspadai dan mengantisipasi terhadap datangnya bencana, “terangnya.

Antisipasi terhadap bencana tersebut wajib kita lakukan, agar  ketika terjadi bencana tidak menimbulkan dampak dengan banyak korban, baik korban jiwa maupun harta benda, “tegas Zaenal.

Zaenal menambahkan, Pemerintah Kabupaten Magelang senantiasa terus berkomitmen untuk semaksimal mungkin meringankan beban penderitaan para korban bencana alam dengan memberikan bantuan atau santunan yang diambilkan dari Pos Dana Tak Terduga APBD Kabupaten Magelang. Meskipun begitu bantuan ini sifatnya adalah stimulan dan saya yakin tidak cukup untuk memperbaiki semua kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana alam ini, “tegasnya.

“Saya berharap aparat desa maupun Kecamatan untuk segera melaporkan Kepada Sekretaris Daerah Bahwa Kabupaten Magelang Kita Terapkan Sebagai Daerah siap siaga bencana. Sehingga kedepan tidak ada saudara saudara kita yang terkena musibah dan seandainya ada langsung dapat tertangani, “harap Zaenal.

Diketahui memasuki bulan November 2015 sedikitnya telah terjadi 5 kali bencana angin puting beliung dan 1 kali bencana tanah longsor di Wilayah Kabupaten Magelang. Sedangkan untuk Dusun Kacetan Desa Ngargosoko adalah yang ke 4 kalinya,  dengan 124 rumah baik rusak ringan, sedang, dan berat. Sementara 96 rumah rusak lainya tersebar di 9 kecamatan di Wilayah Kabupaten Magelang.

Adapun rincian kejadian dan korban yang diusulkan untuk mendapatkan santunan dari pos APBD tersebut sampai dengan tanggal 21 November adalah  sebanyak 133 buah rumah rusak akibat angin kencang di wilayah Kecamatan Kaliangkrik dan Kecamatan Salam, serta 1 buah rumah rusak akibat tanah longsor di wilayah Kecamatan Pakis, dengan santunan yang akan diberikan kepada warga yang terkena musibah tersebut sejumlah Rp. 207.500.000,-. Besar bantuan rumah rusak berat rp. 5.000.000,- , rumah rusak sedang Rp. 1.500.000,- sedangkan rumah rusak ringan Rp. 750.000,-. (zis)








About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply