» » FGD Melek Politik Panwas Dinilai Tutup Mata




MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Untuk meningkatkan tingkat melek politik masyarakat pada pemilu, KPU Kabupaten Magelang menggelar Focus Group Discussion (FGD) di rumah makan muleh deso Rabu (4/11). Hal ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari hasil penilitian yang dilakukan oleh KPU terkait tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan umum.

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan pemerintahan setempat, seluruh parpol, sejumlah pimpinan organisasi kemasyarakatan, pemuda dan perempuan yang ada di Kabupaten Magelang. “Ini merupakan tindaklanjut dari pemaparan hasil penelitian yang sebelumnya telah kami sampaikan beberapa bulan lalu, “jelas Ketua KPU Kabupaten Magelang, Affifudin. 

"Tujuannya untuk mendapatkan rekomendasi dari para peserta, agar tingkat melek politik pada pemilu mendatang dapat meningkat,” terang Afif.

Affif juga mengungkapkan, bahwa dalam FGD tersebut , sejumlah peserta membenarkan hasil penelitian yang dilakukan KPU. Dimana tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya saat pemilu legislative (Pilleg) tingkat kabupaten cukup tinggi disbanding tingkat propinsi, pusat maupun pemilu presiden. “Namun terkait melek politik, pemilu presiden justru tertinggi mencapai 2,73persen, “tuturnya

“Sementara dalam pilleg hanya mencapai 2,69 (kabupaten), 2,19 untuk propinsi dan pusat. Sedang Melek politik kita diartikan tingkat pengertian pemilih terhadap para calon “ungkap Affif. 

Salah satu peserta Sukardi Ketua DPC Nasdem Kabupaten Magelang, mengatakan bahwa hasil pilleg 2014 sangat dipengaruhi oleh uang. Sedang SDM, visi dan misi para calon, cenderung terabaikan. “Yang ironis, meski praktek jual beli suara ini sangat terbuka, namun justru pihak penyelenggara dalam hal ini (panwas), seolah tutup mata, “katanya.

“Ini sangat kami sesalkan. Seharusnya, mereka  bersikap tegas dengan menindak para pelaku,” tegas Sukardi

Dalam FGD yang dipandu Diah Arifika, dosen UII, menghasilkan beberapa rekomendasi. Salah satunya, pendidikan politik masyarakat termasuk para kader parpol yang diajukan menjadi calon anggota legislative, perlu terus ditingkatkan. Tidak hanya oleh parpol, tapi juga oleh pihak penyelenggara (KPU) dan pemerintah (kesbangpol). Di sisi lain, misi dan visi para calon, diharapkan juga lebih disosialisasikan, tidak hanya sekedar foto saja. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply