» » MAN 1 Karet Magelang Gelar Salat Istisqa, Aksi Galang Dana Kabut Asap

MAGELANG, KABAR MAGELANG.com- Isak tangis siswa menyelimuti lapangan MAN 1 Karet Magelang, Senin (2/11) pagi. Biasanya senin pagi para siswa, beserta jajaran guru  serta  karyawan menggelar upacara bendera. Namun kali ini, waktu dimanfaatkan untuk salat istisqa dan istighosah (doa bersama). Tidak kurang dari dua ribu jamaah, baik siswa, jajaran guru, karyawan, komite sekolah, serta masyarakat sekitar memadati lapangan MAN terbesar di Jawa Tengah itu.

Bertindak sebagai imam adalah Syaiful Faizin, sedangkan selaku khotib  Nur Salim yang juga  guru MAN setempat. Dalam khutbahnya Nur Salim mengatakan, kekeringan yang terjadi akhir-akhir ini, mengundang simpati kita sebagai WNI terutama umat islam untuk membantu sesuai kemampuan yang kita miliki.

 “Kami (keluarga besar MAN 1 Karet Magelang, red) berdoa memohon hujan karena kekeringan yang terjadi di Negeri ini. Istighosah dan salat istisqa’ juga sebagai aksi sosial kepedulian  terhadap fenomena kebakaran hutan dan kabut asap yang tak kunjung selesai,” papar Salim dalam khutbahnya.

Sementara itu, Pembina OSIS MAN 1 Karet Magelang  Nur Kholis  menuturkan, acara ini diprakarsai oleh OSIS MAN 1 Karet Magelang. selain istighosah dan salat  istisqa’, kita juga menggelar aksi sosial  terhadap korban kabut asap, dengan  penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan melalui PMI  Kabupaten Magelang.

“Dana yang  terhimpun usai salat istiqa’ pagi ini (kemarin, red) Rp. 3.020.300. Semoga bisa membantu saudara kita yang kini tengah menimpa musibah kabut asap,” paparnya usai pelaksaan salat istiqa’ dan istighosah.

Nur Kholis juga menambahkan, kegiatan kali ini sekaligus sebagai praktek pembelajaran para siswa. Selama ini para siswa sudah menerima secara teori tentang salat istisqa’, kini mereka  bisa berpraktek langsung. 

“Kemarau panjang ini, MAN 1 Karet Magelang juga kekurangan air untuk keperluan wudlu, oleh sebab itu, kita memohon kepada Allah bisa segara diturunkan hujan,” jelasnya. (az).
 

About Kabar Magelang AZ

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply