» » Musim Penghujan Magelang Rawan Bencana Tanah Longsor





MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Memasuki musim penghujan Badan Penanggulanan Bencana Daerah dan pemangku kepentingan penanggulangan bencana lainya di Kabupaten Magelang diminta mempersiapkan langkah kesiap-siagaan secara aktif. Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Magelang H Zaenal Arifin SH pada Rapat Koordinasi Pengurangan Risiko Bencana antisipasi musim penghujan Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2015 di Pendopo BPBD Rabu (4/11).

Zaenal mengungkapkan, bahwa fenomena musim kemarau yang sedang kita alami, menyebabkan 38 Dusun, 12 Desa dan 4 Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang mengalami kekurangan air bersih. “Kemarau ini disebabkan adanya anomali cuaca terjadi diluar prediksi, dimana kemungkinan puncak musim penghujan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2016 mendatang, ‘jelasnya.

BPBD Kabupaten Magelang bersama pemangku kepentingan penanggulangan bencana lainnya agar mempersiapkan langkah - langkah kesiap-siagaan secara aktif, unruk mengantisipasi bencana khususnya tanah longsor yang kerap terjadi, pada musim penghujan, “harap Zaenal.

Sementara Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Magelang Ir. Gunawan Iman S. MM mengatakan bahwa dalam penanggulangan bencana ini dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, resiko dan dampak bencana. “Dalam menghadapi musim penghujan kita akan  memberikan informasi technis agar dapat di antisipasi sehingga  akibat bencana dapat ditekan sekecil mungkin, “jelasnya.  

“Adapun Zona Kerawanan tinggi yakni tanah longsor diantaranya Kawasan Gunung Sumbing meliputi Kecamatan Bandongan, Windusari, Kajoran, Kaliangkrik, Tempuran. Untuk Kawasan Gunung Merbabu ialah Kecamatan Pakis, Ngablak, Grabag, Sawangan, Tegalrejo, Candimulyo. Sedang Kawasan Menoreh yaitu Kecamatan Salaman dan Borobudur. Sementara Kawasan Lain meliputi Kecamatan Dukun, Salam Ngluwar, Sawangan, Srumbung dan Muntilan,”Ungkap Gunawan.

Hadir dalam acara tersebut BPBD, Kapolsek dan Danramil serta seluruh pemangku kepentingan penanggulangan bencana lainya yang ada di Kabupaten Magelang. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply