» » Manusia Lumpur Ikuti Borobudur International 10 K




BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Puluhan seniman Borobudur yang tergabung dalam Komunitas Seniman Borobudur  (KSBI) ikut meramaikan Borobudur 10 K yang berlangsung Minggu pagi (15/11) di komplek candi Borobudur Magelang. Keberadaan para seniman ini cukup menarik perhatian peserta maupun penonton, karena mereka tidak mengenakan kaos dari panitia, namun membaluri seluruh tubuhnya dengan  lumpur berwarna putih.

Ketua Seniman Borobudur, Umar Chusaini mengatakan, keikutsertaan mereka dalam Borobudur 10 K ini, selain untuk berolahraga, juga ingin memberi warna dan suasana baru dalam perhelatan yang digelar Dinas pariwisata propinsi jateng ini. “Disisi lain kami juga ingin menyenikan olahraga dan mengolahagakan seniman, “katanya.

“Olahraga tidak lepas dari seni dan budaya, seniman sengaja   membalur tubuhnya dengan lumpur, dengan maksud bahwa kekuatan membumi harus dibangun dari kesederhanaan, “jelas Umar.

Umar menambahkan bahwa, lumpur merupakan simbol bahwa kita harus selalu merendah dan tidak boleh sombong. “Kita disini sama, tidak ada perbedaan baik pangkat, golongan , pejabat, seniman, semua sama, “tambahnya.

Borobudur 10 K dan 600 harl Maraton diikuti 16 ribu pelari lokal dan puluhan pelari asing, dilepas oleh menpora Imam Nahrowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Event internasional ini diharapkan bisa menjadi agenda tahunan dengan harapan masyarakat lebih mencintai olahraga,   serta  mampu meningkatkan jumlah wisatawan khususnya  ke Candi Borobudur. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply