» » Aksi Manusia Lumpur KSBI Kecam Penembakan Ratusan Orang Di Paris




BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Aksi penembakan yang menewaskan ratusan warga di Paris, Perancis menimbulkan keprihatinan di kalangan Komunitas Seni Borobudur (KSBI). Mereka menggelar aksi teatrikal di lapangan Aksokbya komplek taman wisata Candi Borobudur  Minggu (15/11) siang. Dengan menyampaikan keprihatinan atas ratusan orang yang menjadi korban penembakan oleh sekelompok orang di Paris Jumat (13/11) mereka berharap tidak ada lagi manusia yang membunuh dan menyakiti sesama umat manusia.

Dalam aksinya, belasan manusia lumpur ini melakukan tabur bunga yang bertuliskan “Pray For France”. Beberapa batang lilin berwarna merah juga dinyalakan di dekat tubuh para seniman sebagai tanda berkabung. Sebagian dari mereka ada yang telentang  dan berdiri dengan membalur sebagian tubuhnya dengan warna  biru, putih, merah, yang menggambarkan kejadian penembakan di Paris.

koordinator Komunitas Seni Borobudur Indonesia (KSBI) Umar Chusaini yang juga berdandan manusia lumpur langsung membacakan kegelisahannya mengenai teror di Paris. Sementara, seorang seniman yang mengenakan kostum burung nampak membawa orang-orang yang telentang di rerumputan.

“Paris berduka, duka ini milik dunia. Sebagai seniman kami rindukan perdamaian dan hidup bersama yang saling mengasihi satu sama lain,”katanya.

, “Para seniman memang merasa sakit dan prihatin atas  penembakan dan aksi terorisme di Paris ini, “tutur Umar dalam aksinya.

Dia juga menyampaikan, agar hal ini jangan sampai terjadi lagi di seluruh dunia ini.
“Dimanapun, agama apapun tidak mengajarkan adanya rasa saling membenci, menyakiti apalagi membunuh, “ujarnya.

“Kami KSBI sebagai wadah seniman Borobudur yang tinggal di dekat pusat peradaban dunia berharap kedamaian dunia tetap terjaga dengan rasa cinta dan damai, “harap Umar yang juga pemilik galeri seni Liman Jawi Art House Borobudur ini.

Aksi teatrikal dan keprihatinan ini sempat menarik perhatian sejumlah wisatawan yang berkunjung di Candi Borobudur. Sebelum aksi, para seniman “Manusia Lumpur” ini juga mengikuti ajang lomba Borobudur Internasional 10 K. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply