» » Purnawirawan TNI Bantu Ratusan Pohon Kemiri Ke Kodim


KABARMAGELANG.com__Sebagai Satuan Komando Kewilayahan, Kodim 0705/Magelang selalu menjalin kerja sama dan kemitraan dengan berbagai kalangan untuk membangun komunikasi yang baik guna mendukung tugas – tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Salah satunya adalah kerjasama Kodim 0705/Magelang dengan seorang pengusaha Magelang.

Kali ini Kodim 0705/Magelang bekerja sama di bidang penghijauan untuk  wilayah Magelang dengan Agen Elpiji PT Watu Langit. Pada kerja sama ini PT Watu Langit memberikan bantuan ratusan , yang  selanjutnya untuk didistribusikan ke koramil – koramil yang diperkirakan wilayahnya cocok ditanami pohon kemiri.
pohon kemiri kepada Kodim 0705/Magelang
Letkol (Purn) Sueb Diharjo yang juga pemilik agen elpigi PT. Watu Langit, menuturkan bahwa apa yang dilakukan adalah semata-mata merupakan kegiatan sosial, selain itu pihaknya juga berkeinginan agar TNI dapat menyatu dengan masyarakat. Dengan alasan itu pulalah purnawirawan tentara tersebut memberikan bantuan pohon kemiri kepada Kodim yang selanjutnya didistribusikan ke koramil-koramil.
“Semoga pohon kemiri ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua dan jalinan komunikasi antara kita bisa semakin baik” ujar Sueb.
Mengingat kemiri adalah tanaman yang mudah dperawatan dan pemeliharaannya maka pohon kemiri yang sudah di Kodim 0705/Magelang selanjutnya akan diserahkan ke seluruh Koramil jajaran Kodim 0705/Magelang untuk di berikan kepada masyarakat.
Diketahui Dipilihnya poho kemiri selain mengandung minya kemiri banyak sekali manfaatnya, salah satu  yang paling populer adalah bisa untuk menyuburkan, menguatkan dan menghitamkan rambut. Berdasarkan penelitian serta uji secara laboratorium, kemiri juga diyakini berkhasiat untuk mengobati diare, disentri, sakit perut, sembelit, sampai demam, sariawan, dan sakit gigi.
Kemampuan kemiri sebagai obat ini dipengaruhi oleh kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kemiri mengandung zat seperti saponin, falvonoida, dan polifenol. Banyak penelitian telah membuktikan ketiga komponen zat tersebut baik bagi kesehatan.
Sedang kandungan gizi yang ada dalam kemiri yakni protein, lemak, dan karbohidrat. Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol.
Kemiri juga bisa tumbuh dengan baik pada tanah-tanah kapur, tanah-tanah berpasir di pantai. Tetapi dapat juga tumbuh pada tanah-tanah podsolik yang kurang subur sampai yang subur dan pada tanah-tanah latosol. Ditinjau dari kondisi iklim, tanaman kemiri dapat tumbuh di daerah-daerah yang beriklim kering dan basah. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply