» » Puluhan Juta Kubik Material Merapi Berpotensi Banjir Lahar Hujan





MUNGKID, KABARMAGELANG.com__ Puluhan juta kubik material sisa erupsi tahun 2010 lalu masih berada di puncak Gunung Merapi. Material berupa pasir dan batu tersebut berpotensi penyebab banjir lahar hujan yang sangant tinggi di musim penghujan ini. Hal tersebut disampaikan oleh Dwi Purwanto Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengendali Lahar Gunung Merapi dari BBWSSO Selasa (18/9-11).

“Sedikitnya  masih ada 40 juta kubik material yang kini masih berada di pundak Gunung Merapi dan sangat berpotensi penyebab lahar hujan yang besar, “katanya.

"Memasuki musim hujan ini, kita berharap warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai berhulu Merapi untuk selalau waspada, meskipun kami dari  Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) telah membangun keseluruhan sabo dam yang berfungsi juga sebagai pengendali banjir, “terang Dwi.

Dwi Purwanto menambahkan, dari sebanyak 277 sabo dam yang harus dibangun, pihaknya sudah menyelesaikan 244 di tahun 2015 ini. Bangunan  tersebut berada  di 3 kabupaten, yakni Magelang, Sleman, dan Boyolali. “Untuk selebihnya segera akan kita bangun secara bertahap mulai tahun 2016 yang akan datang, “tambahnya.

“Dengan banyaknya sabo dam yang sudah diselesaikan ini, kita harapkan  meskipun terjadi banjir lahar tentu  tidak akan sedahsyat seperti tahun 2011 lalu, “pungkas Dwi. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply