Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Seniman Merapi Gelar Peringatan 5 Tahun Letusan Gunung Merapi




SAWANGAN, KABARMAGELANG.com__Peringati lima tahun dahsyatnya letusan erupsi gunung Merapi 5 Nopember 2010 lalu, seniman dan relawan gelar ritual di Musium Kettepas Kecamatan Sawangan, Magelang Kamis (5/11). Dalam peringatan tersebut ditampilkan pembacaan puisi oleh seniman Bambang Eka Prasetya dan orasi budaya seniman Merapi Sitras Anjilin, serta ritual oleh seniman tunggal Agus Merapi.

Kepala Disparbud Edi Susanto menjelaskan,  ketika Merapi menghadirkan kedahsyatanya ternyata manusia tidak bisa melakukan apa-apa. “Manusia bukan siapa-siapa dan tidak berdaya menghadapi Merapi," katanya.

“Erupsi 2010 lalu menimbulkan dampak sangat besar, bahkan museum Merapi di Ketep Pass terpaksa tutup karena tertutup debu vulkanik yang sangat tebal, “jelas Edi.

Edi juga menambahkan bahwa akibat erupsi tersebut juga berdapak pada menurunya jumlah wisatawan yang berkunjung  baik yang ke Candi Borobudur maupun ke Kettepas ini. “ Tidak sedikit wisatwan yang membatalkan kunjungan ke Candi Borobudur dan Ketep Pass, “ungkapnya.

“Karena itu dengan peringatan ini kita harapkan masyarakat di Magelang bisa mengambil hikmahnya, “tutur Edi

Sementara Budayawan Merapi Sitras Anjilin,  mengatakan bahwa Gunung Merapi dianggap sebagai sumber bencana ketika ada korban jiwa. Sitras menilai jika saja manusia tidak tinggal di kaki Gunung Merapi maka tidak akan ada korban jiwa. "Gunung Merapi sebenarnya bukan ancaman. Merapi tidak pernah memusuhi manusia namun manusialah yang memusuhi Merapi. Erupsi merupakan cara Gunung Merapi membangun dirinya sendiri," terangnya.(zis)




About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 comments: