» » Polisi Sita Kaos Turis Bergambar Simbul Partai Terlarang Di Candi Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Seorang turis asal Perancis diamankan Petugas saat berada di Candi Borobudur, Magelang, Sabtu (22/7) kemarin. WNA berinisial FM (39) tersebut diketahui mengenakan kaos bergambar simbul partai terlarang di Indonesia. Setelah diamankan dan dimintai keterangan FM akhirnya di lepas, sementara kaos di sita petugas dan diganti dengan kaos bergambar Candi Borobudur.

Kapolsek Borobudur AKP Didik Solaiman, mengungkapkan FM, masuk melalui maengate dan naik ke  Candi Borobudur. Petugas maengate melihat FM  memakai kaos berwarna merah bergambar partai terlarang di Indonesia. Kemudian  petugas  maengate berkoordinasi dengan petugas yang berada di atas candi, dan Polsek serta anggota Koramil 19/Borobudur.

"Setelah FM diamankan di pos sekuriti, dan adakan pemeriksaan, dia mengaku mendapatkan kaos bergambar partai terlarang tersebut dari Vietnam lima tahun lalu. Dia juga mengaku tidak tahu kalau gambar tersebut merupakan larangan di Indonesia," ungkapnya di Mapolsek Borobudur Minggu (23/7)

Kapolsek menegaskan karena tidak ada unsur kesengajaan dan hanya karena ketidak tahuan, akhirnya FM dilepas setelah diberikan pengertian tentang larangan adanya simbul tersebut di Indonesia.

"Setelah diberikan pengertian FM pun memahami dan minta maaf. Namun demikian kita tetap melakukan penyitaan terhadap kaos bergambar palu arit yang dipakainya, dan menggantinya dengan kaos dari Borobudur," jelas Didik.

Kepala BKB Marsis Sutopo menandaskan, perlu meningkatkan pengawasan terhadap pengunjung mulai dari tiketing, dan pintu masuk, diantaranya pengawasan terhadap pakaian, topi maupun barang bawaan terutama barang yang bisa merusak bangunan candi, seperti senjata tajam, semua harus melalui pemeriksaan.

“Kami juga menambahkan bagi pengunjung candi dilarang membawa, memakai gambar-gambar atau lambang-lambang yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, kenegaraan, dan budaya yang ada di sini," tegasnya.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply