» » Ujian Praktek Siswa Wajib Lestarikan Seni Tradisional





MUNTILAN, KABARMAGELANG.com
__ Ratusan siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Muntilan laksanakan Ujian Praktek bidang studi Seni Budaya dengan menampilkan kesenian daerah di Monumen Bambu Runcing, Tamanagung, Kecamatan  Muntilan, Magelang  baru-baru ini. Ujian praktek kali ini setiap siswa di wajibkan menampilkan kesenian daerah serta berpakian kesenian unik sebagai salah satu syarat kelulusan.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, Edy Yusup Spd, menjelaskan ujian praktek bidang studi seni budaya ini pelaksanaanya merujuk dari Peraturan Menteri (Permen) nomor 81 tahun 2014 tentang pelaksanaan Kurikulum 2013, Permen nomor 160 tahun 2014 tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006, serta Permen nomor 79 tahun 2014 tentang muatan local.

“Sesuai dengan Permen nomor 79 tahun 2014 itu,pelaksanaan ujian praktek harus mengenalkan serta mencintai budaya lokal. Tujuanya untuk melestarikan dan mengembangkan keunggulan dan kearifan daerah, “terangnya.

“Untuk ujian kali Kostum sengaja digunakan daun-daun kering, agar siswa semakin mencintai alam dan lingkungan, “jelas Edy Yusup.
 

Edy menyebutkan, bahwa pada uji praktek seni budaya ini para siswa harus melaksanakan empat macam ujian yang wajib diikuti. “Diantaranya seni rupa berupa kostum yang dipakai. Kemudian seni tari, seni pertunjukan dan seni music, “ungkapnya. 
 
“Pelaksanaanyapun secra kelompok, kebetulan dari klas XII ini dibagi menjadi 7 kelompok, dan masing-masing menampilkan kesenian daerah lokal seperti jathilan dan topeng ireng dan lainya, “tutur Edy,

Ujian praktek seni budaya lokal sebagai salah satu syarat kelulusan ini rata-rata sangat di sukai oleh para siswa, selain menyenangkan ujian seperti ini sekaligus juga sebagai hiburan tersendiri bagi para siswa. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply