» » Bupati Dan DPRD Magelang Akhirnya Melunak



MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Bupati dan DPRD Kabupaten Magelang akhirnya mengikhlaskan Polsek Bandongan di ambil Polres Magelang Kota. Keduanya akhirnya melunak dan  menghormati keputusan yang menjadi kewenangan Kapolri untuk perluasan wilayah hukum Polres Magelang Kota dengan mengambil satu Polsek dari Wilayah Kabupaten.

"Keputusan Kapolri kami hormati dan ini harus ditaati serta dijalankan bersama. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah untuk mensosialisasikan kebijakan ini, "jelas Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, saat menghadiri malam keakraban Forpimda dengan seluruh anggota DPRD di halaman Bank Bapas 69, baru-baru ini.

"Kami harap Kapolres dan Kapolresta Magelang bisa mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya Kecamatan Bandongan, bahwa ini tidak berkaitan dengan wilayah administrasi. Namun semata-mata hanya wilayah hukum Polres, "tutur Zaenal.

Namun demikian Zaenal juga menegaskan bahwa pihaknya membutuhkan masa transisi, disamping sosialisasi yang harus segera dilakukan. "Dengan demikian masyarakat tidak kaget apabila hendak mengurus beberapa hal terkait peralihan wilayah hukum,"tambahnya.

Ketua Fraksi PPP, M Sobikin yang sebelumnya menilai penggabungan Polsek Bandongan ke dalam komando Polresta Magelang adalah penggabungan paksa, namun akhirnya juga harus mengakui dan menghormati apa yang menjadi keputusan dari Kapolri.

"Kami siap bantu sosialisasi untuk masyarakat yang belum tahu mekanisme perluasan wilayah hukum saat ini, "katanya.

Sementara Kapolres Magelang, AKBP Zain Dwi Nugroho menegaskan bahwa penambahan wilayah hukum kepolisian tidak ada kaitannya dengan wilayah administrasi.
"Kalau penambahan/perluasan wilayah administrasi itu kan prosesnya sampai ke Menteri Dalam Negeri, sedangkan wilayah hukum kewenangan Kapolri, "tegasnya.

Diketahui Peraturan Kapolri nomor 23 tahun 2012 dimana didalamnya menyebutkan bahwa Polres harus membawahi lebih dari 3 Polsek. Dan jika  kurang dari itu, maka Polres yang bersangkutan harus dilikuidasi. Atas dasar itu, Kapolda kemudian mengambil keputusan untuk menambah wilayah Polres Magelang Kota dengan mengambil salah satu Polsek dari Polres Magelang yakni Polsek Bandongan. (zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply